Inilah Bahaya bagi yang Malas Mandi!

8 April 2015 Artikel Kesehatan


Umumnya mandi dilakukan setiap dua kali sehari. Seharian berkeringat tentu membuat badan menjadi lesu dan berbau tak sedap. Selain itu dengan mandi secara rutin dan teratur, tubuh pun akan terasa segar dan semangat dalam menjalani aktivitas.

Namun terkadang Anda menunda mandi karena alasan tertentu seperti terburu-buru atau udara dingin. Pernahkah Anda berpikir dampak negatif bila malas mandi selain bau badan tak sedap?

Tubuh manusia rata-rata ditutupi oleh sekitar 2 meter persegi kulit yang mengandung sekitar 2,6 juta kelenjar keringat. Selain itu, ribuan rambut halus juga tumbuh di kulit Anda.

Ada dua jenis kelenjar keringat, yakni eccrine dan apocrine. Apocrine mengandung protein dan asam lemak yang membuatnya tebal dan memberikan warna susu atau kekuningan. Inilah yang membuat pakaian Anda memiliki noda tampak kekuningan terutama di bagian ketiak.

Ketika Anda tidak mandi, itu Artinya Anda membiarkan keringat menempel dan lengket pada tubuh Anda. Selain itu, Anda juga membiarkan kuman atau mikroorganisme lain terus menerus hinggap di tubuh Anda. Walaupun bakteri atau jamur pada kulit tidak terlalu mengancam bila tetap di permukaan kulit, namun bila sampai masuk ke pembuluh darah bisa berakibat fatal, seperti infeksi staphylococcus.

Lagipula, tidak ada ruginya bila Anda mandi secara rutin dan teratur. Manfaat yang bisa didapat diantaranya meberi energy pada tubuh, sebagai detoksifikasi tubuh, dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)