Inilah Alasan yang Kuat untuk Berhenti Minum Soda

26 November 2019 Artikel Kesehatan


Saat ini sudah banyak sekali yang suka dengan minuman soda atau berkarbonasi karena bukan hanya manis, tapi juga menunjukkan sisi modern masyarakat metropolitan. Namun Anda pasti tahu sendiri bahwa kebiasaan minum soft drink seperti itu tidak sehat, apalagi jika Anda menginginkan tubuh langsing dan bugar. Bukan hanya berperan besar sebagai penyebab masalah obesitas atau kegemukan saja, minuman soda juga memiliki sisi buruk lain yang bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Sebuah penelitian terbaru di Harvard University menemukan bahwa gadis remaja yang minum lebih dari 1,5 porsi minuman manis seperti soda akan mendapatkan menstruasi pertamanya 3 bulan lebih awal dari umur biasanya.

Berikut beberapa alasan kuat mengapa Anda harus berhenti minum soda:
1. Kelebihan berat badan
Minuman dengan kadar gula tinggi seperti soda atau soft drink merupakan sumber paling baik jika Anda ingin cepat gemuk dengan cara yang tidak sehat. Bertambahnya berat badan hingga obesitas akan mengundang banyak penyakit. Khususnya untuk remaja yang mengalami mesntruasi pertama lebih awal, lebih berisiko terserang kanker payudara nantinya. Tubuh juga jadi lemah dan tidak produktif.

2. Soda adalah diuretik yang meningkatkan produksi urin
Sifat diuretik ini membuat cairan di dalam tubuh banyak keluar melalui urin, jika tidak diimbangi dengan minum air putih dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh atau dehidrasi.

3. Diabetes mellitus atau tipe 2
Ini adalah musuh utama jika berhadapan dengan makanan atau minuman bergula seperti soda. Anda tahu bahwa gula dalam soda sangat banyak, baik glukosa maupun sorbitol (pemanis buatan). Jangan kira mereka dengan riwayat keluarga diabetes saja yang bisa terkena diabetes, setiap orang punya risiko mengalami penyakit gula ini. Minuman manis bisa melemahkan kemampuan insulin dalam memproses gula atau karbohidrat.

4. Merusak jantung
Mengonsumsi terlalu banyak minuman bersoda bisa merusak jantung Anda. Sebuah penelitian tahun 2013 mengungkap bahwa mengonsumsi minuman soda secara teratur bisa memicu detak jantung yang tak teratur, mengganggu fungsi jantung, dan bahkan memicu kematian.

Jadi, hentikan kebiasaan minum Anda yang tidak sehat dengan mengurangi atau menghindari soda mulai dari sekarang .

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)