Inilah Akibatnya Jika Kita Melewatkan Sarapan Pagi

11 Maret 2013 Artikel Kesehatan


Kerap kali kita yang dikejar oleh waktu melewatkan sarapan di pagi hari. Kita akan beranggapan bahwa sarapan bisa digantikan oleh makan siang. Padahal sarapan termasuk hal yang vital dalam kehidupan kita. Memang alasan kita tidak telalu lapar pada pagi hari karena kita telah makan malam, namun tubuh tetaplah bekerja meskipun kita tidur. energi yang diambil oleh tubuh untuk tidur sehingga tidaklah heran jika perut akan kosong. Menahan rasa lapar hanya akan membawa banyak penyakit mengintai bila Anda jarang sarapan.

Sarapan yang sehat memiliki beberapa komponen, termasuk biji-bijian, protein rendah lemak, susu rendah lemak dan buah-buahan segar dan sayuran. Kombinasi dari kelompok makanan yang menyediakan serat, protein, karbohidrat kompleks dan lemak tertentu, memungkinkan tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda ngemil atau makan berlebihan.

Namun berbeda halnya jika kita jarang sarapan pagi. Padalah beberapa gangguan kesehatan ini mengancam bila Anda sering melewatkan sarapan seperti berikut ini:

1. Menurunnya kemampuan kognisi
Anak-anak sekolah yang melewatkan sarapan mengalami dampak negatif menurunnya kemampuan anak usia sekolah untuk secara efektif memecahkan masalah. Siswa yang mengonsumsi sarapan, memiliki nilai tinggi dalam skor tes standar, jarang absen dari sekolah dan lebih tepat waktu ke kelas.

2. Memiliki suasana hati buruk
Orang yang mengalami suasana hati baik karena pola makan yang baik pula, seperti sarapan secara teratur. Orang yang tidak sarapan memiliki perubahan suasana hati yang melibatkan iritabilitas sering terjadi karena gula darah rendah, efek samping yang berasal dari tidak makan berkepanjangan.

3. Kegemukan

Sarapan membantu mengontrol rasa lapar berlebih sepanjang hari. Karena Anda tak makan selama semalam saat tidur, tidak sarapan berarti menambah periode 'puasa' dan dapat mengganggu keseimbangan gula darah dan produksi insulin. Tidak sarapan dapat menyebabkan Obesitas dan komplikasinya seperti diabetes, infertilitas dan penyakit jantung,

Melewatkan sarapan juga memicu kebiasaan makan yang buruk sepanjang hari, seperti mengidam dan makan makanan cepat saji. Selain itu, sarapan dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan energi Anda sepanjang hari. Bila tidak sarapan, energi Anda berkurang dan tingkat aktivitas fisik menurun.

4. Menstruasi tidak teratur
Melewatkan sarapan umum terjadi dalam kehidupan mahasiswa yang terlambat masuk kelas. mahasiswi yang konsisten melewatkan sarapan mengalami risiko lebih ketidakteraturan menstruasi. Disfungsi ini termasuk keparahan menstruasi yang menyakitkan dan darah menstruasi yang tidak teratur.

(Dikutip dari berbagai sumber)