Inilah 6 Manfaat Stroberi bagi Kesehatan

5 April 2017 Artikel Kesehatan


Stroberi adalah salah satu buah yang cukup populer di seluruh dunia karena memiliki rasa manis dan berair. Buah ini tersedia di sebagian besar negara termasuk di negara tropis. Stroberi ini biasanya merupakan buah musim dingin di daerah panas seperti Asia Selatan, Afrika dan Hindia. Stroberi sering pula disertakan dalam hidangan manis, salad, dan berbagai makanan lain. Buah ini juga bisa diolah sebagai minuman, seperti jus.

Stroberi merupakan buah yang bagus untuk orang-orang yang mungkin makan secara berlebihan atau disaat jamuan pesta makan, karena buah ini dapat membantu menghilangkan racun yang tidak diinginkan dari tubuh. Akumulasi racun yang tidak diinginkan dalam tubuh ini sering diakibatkan oleh makanan berlemak. Akumulasi jangka panjang ini dapat membahayakan tubuh, menyebabkan infeksi, penyakit darah dan berbagai sindrom lainnya. Karena stroberi dapat membantu menghilangkan racun dan memastikan komposisi darah yang sehat.

Mengkonsumsi stroberi secara teratur telah terbukti untuk menyediakan berbagai manfaat bagi kesehatan. Berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalam stroberi dan mengandung antioksidan yang cukup tinggi, khususnya Vitamin C, flavonoid, Fitokimia, dan asam ellagic. Ditambah dengan asam folat, yodium, kalium dan magnesium. Buah Ini kaya akan berbagai komponen sehat sehingga membuat stroberi sangat menyehatkan untuk dikonsumsi.

Berikut ini 6 manfaat stroberi bagi kesehatahan:
1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat membantu Anda untuk melawan infeksi dan penyakit lainnya, baik itu berat maupun ringan.

2. Melawan kanker
Kandungan asam ellagic yang tinggi pada stroberi sangat membantu untuk melawan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa stroberi kemampuan untuk melawan radikal bebas dan bekerja melawan sel-sel kanker pada payudara, kerongkongan, pankreas, prostat, usus besar, dan kanker kulit.

3. Menjaga penglihatan baik
Antioksidan dan kalium dapat melawan radikal bebas dan membantu mencegah katarak dan degenerasi saraf optik, menjaga penglihatan Anda. Potasium membantu menjaga jumlah yang tepat dari tekanan pada mata Anda sehingga Anda tidak mengalami gangguan okular.

4. Mencegah penyakit Alzheimer
Stroberi melawan radikal bebas yang menyerang jaringan otak, menjaga otak Anda lebih muda, yang dapat memperlambat atau bahkan menghindari perkembangan Alzheimer. Yodium juga bekerja untuk meningkatkan fungsi otak yang kuat.

5. Melawan penyakit jantung
Stroberi dapat mengurangi kolesterol yang dapat mengakibatkan timbunan plak di dalam pembuluh darah. Nutrisi yang berupa Vitamin B dalam stroberi membuat otot-otot jantung lebih kuat.

6. Mengatur tekanan darah
Magnesium dan kalium dalam stroberi melawan banyak efek dari terlalu banyak garam yang sebaliknya dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Ini adalah cara lain stroberi juga membantu mencegah penyakit koroner.

Stroberi menjadi buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, sehingga sangat disayangkan jikalau tidak dikonsumsi dengan baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)