Inilah 6 Makanan yang Dapat Menjaga Kadar Kolesterol Anda

11 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Kolesterol dalam darah manusia terbagi menjadi 2 jenis yakni kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). LDL apabila terlalu tinggi dan tidak seimbang dengan kolesterol baik HDL dapat menyebabkan penempelan di dinding pembuluh darah menyempit dan aliran darah tidak lancar. Inilah mengapa, kolesterol menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi (hiperkolesterol) tidak memandang gender maupun status sosial ekonomi. Kolesterol tinggi menjadi penyebab berbagai penyakit degeneratif yaitu jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Banyak faktor, misalnya keturunan, menjadi penyebab awal hiperkolesterol. Namun demikian, kolesterol yang kelewat tinggi sebenarnya dapat dicegah melalui gaya hidup yang sehat. Pola diet yang tepat dibarengi dengan olahraga dapat menjadi jurus jitu menjaga kadar kolesterol tetap dalam ambang sehat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat (LDL). Memasukkan makanan ini dalam pola makan setiap hari diharapkan membantu kolesterol Anda terkendali

1. Kacang pohon (tree nut)

Kacang-kacangan jenis kacang pohon (tree nut) seperti almond, walnuts, pistachio, cashew, chestnut dan pecan mengandung lemak jenuh yang rendah dan kadar asam lemak tak jenuh yang tinggi. Dengan kandungan ini, tree nut baik dikonsumsi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Dalam kesimpulan riset yang dimuat Medline menyebutkan, tree nut membantu menurunkan kolesterol LDL 3-19 persen lebih tinggi dibanding diet Western dan rendah lemak.

2. Kunyit

Rempah kuning yang biasa untuk mewarnai makanan di negara Asia Selatan, ternyata memberikan lebih dari sekedar warna. Studi pada hewan yang dilakukan para ahli di University of Michigan menunjukkan, ekstrak kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah pembekuan akibat penumpukan kolesterol jahat dalam darah.

3. Strowberi

Buah berwarna merah ini tidak saja enak, tapi juga mengandung antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Menurut hasil riset ilmuwan dari Università Politecnica delle Marche, konsumsi stroberi dapat mengurangi jumlah total kolesterol buruk dalam tubuh. Sedangkan jumlah kolesterol baik tetap sama. Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry.

4. Minyak ikan

American Heart Association merekomendasikan konsumsi minyak ikan sedikitnya dua kali penyajian per hari. Minyak ikan yang kaya asam lemak omega 3 akan memberi pengaruh positif pada penderita jantung koroner tahap awal (preexisting).

5. Bawang putih

Peneliti dari Texas A&M University AgriLife Extension Service menemukan, konsumsi sedikitnya satu setengah siung bawang putih mentah per hari dapat meningkatkan 30 persen kadar kolesterol baik dalam darah. Riset tersebut juga menemukan, bawang putih bisa mencegah pembekuan, menurunkan tekanan, dan menjaga sirkulasi darah.

6. Fenugreek

Fenugreek atau kelabat adalah sejenis herba yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan baik obat maupun rempah bahan makanan. Bagian tanaman yang dimanfaatkan meliputi biji dan daunnya. Laporan dalam CNN Health mengatakan, beberapa riset dari 1990 membuktikan variasi aneka resep fenugreek dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL, dalam beberapa kasus penurunan terjadi sangat drastis.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)