Inilah 6 Hobi yang Membuat Anda Makin Pintar dan Bebas dari Stres

30 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Hobi merupakan sebuah kegemaran atau sebuah kebiasaan untuk melakukan sesuatu yang dilakukan dengan intensitas yang tinggi guna mendapatkan sebuah kepuasan tertentu. Kebanyakan orang menggunakan hobi meraka ini sebagai sarana untuk melepas kepenatan, kerinduan, atau mencari kesenangan untuk sejenak keluar dari rutinitas sehari-hari.

Bagi Anda yang super sibuk, entah karena urusan pekerjaan atau rumah tangga, melakukan hobi atau kegiatan yang paling disukai akan menjadi pelepas stres. Tapi, tahukah Anda bahwa ada pilihan hobi yang tidak hanya bisa membuat Anda bebas dari stres tetapi juga bisa membuat Anda lebih pintar?

Seperti yang dilansir, setidaknya ada 6 hobi yang bisa Anda lakukan untuk membebaskan pikiran Anda dari rasa tertekan sekaligus membuat Anda semakin pintar.
1. Main Video Game
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa bermain video game bisa meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata. Selain itu bermain video game juga bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk membuat keputusan-keputusan penting dalam hidup.

Tapi, tidak semua video game cocok dan baik untuk Anda. Pilih game yang tak mengandung adegan kekerasan dan lebih ke arah mendorong Anda untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi, seperti tetris misalnya.

2. Main Puzzle
Puzzle adalah jenis mainan yang bisa menstimulasi pikiran dan otak Anda. Kepuasaan bisa menyelesaikan semua keping puzzle dengan sempurna juga terkadang menjadi kebahagiaan tersendiri.

Bermain puzzle setiap hari juga bisa membuat otak Anda tetap berfungsi dengan baik. Jadi, kalau misalnya Anda tiba-tiba jenuh atau stuck dengan sebuah masalah, Anda bisa meluangkan waktu beberapa saat untuk bermain puzzle. Bermain puzzle bisa membantu Anda untuk mencari solusi permasalahan Anda yang rumit sekalipun.

3. Mempelajari Bahasa Asing
Belajar bahasa asing bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus bermanfaat. Belajar bahasa bisa membantu perkembangan otak Anda sekaligus membantu Anda untuk lebih mudah menyelesaikan tugas-tugas rumit.

Belajar bahasa asing tidak hanya harus dengan membaca buku tebal dan sulit. Anda bisa cukup menonton film, mendengarkan lagu dengan lirik bahasa asing yang sedang Anda pelajari, atau melakukan percakapan dengan orang asing lewat jejaring sosial.

4. Baca, Baca, Baca!
Ini mungkin hobi yang terdengar klasik. Maksudnya adalah Anda mungkin sering mendengar bahwa hobi baca sangat bermanfaat, tetapi tak semua orang mendapatkan kesenangan dari kegiatan membaca. Tapi, membaca telah terbukti meningkatkan kemampuan Anda untuk tetap fokus sekaligus membuat kosakata Anda semakin kaya. Setidaknya, buat target ada berapa buku yang harus Anda baca dalam waktu satu tahun. Mulailah dari bahan bacaan yang paling Anda sukai.

5. Bermain Alat Musik
Musik sering menjadi penyembuh atau membuat suasana hati lebih baik. Meskipun memang lebih baik untuk belajar bermain musik ketika masih kecil, namun tak ada salahnya untuk belajar bermain musik ketika sudah dewasa.

Pilih saja alat musik yang sekiranya paling mudah untuk dimainkan dan yang tidak memerlukan banyak uang untuk membeli atau memainkan alat musik tersebut. Yang pasti, bersenang-senanglah dan ekspresikan perasaan Anda lewat musik.

6. Mengoleksi Koin
Hobi mengoleksi benda berharga, seperti koin-koin kuno juga sangat menyenangkan. Selain itu, Anda akan terlatih untuk lebih sabar dan menghargai setiap koleksi Anda. Tampaknya ini adalah hobi yang sederhana, namun kecerdasan emosional Anda akan terasah dengan hobi ini. Mengoleksi barang-barang berharga akan membantu Anda untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang teliti dan runtut.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)