Inilah 5 Tempat Favorit yang Disukai Bakteri di dalam Rumah Anda

23 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Kebersihan rumah menjadi tolok ukur kesehatan keluarga. Meski sepintas sudah terlihat bersih dan rapi, waspadai kemungkinan bakteri jahat bersembunyi dan berkembang biak di sejumlah tempat tak terduga.

Kebanyakan orang khawatir dengan bakteri atau kuman yang ada di tempat umum atau di luar rumah. Padahal faktanya, kuman dan bakteri juga bisa berkeliaran di dalam rumah, dan bahkan 'bersarang' pada tempat-tempat tertentu.

Kuman dan bakteri memiliki tempat-tempat favorit yang mereka jadikan tempat untuk berkembang biak di dalam rumah. Ingin tahu di mana saja tempat 'berkumpul' mereka:

1. Handuk untuk cuci tangan

Tak sedikit orang yang menyediakan handuk kecil di tempat cuci tangan untuk digunakan mengeringkan tangan. Yang tak mereka ketahui adalah bahwa handuk untuk cuci tangan ini paling banyak dihuni oleh bakteri E. coli dan bakteri lainnya. Banyak orang yang menggunakan handuk ini bergantian dan membuat bakteri di dalamnya semakin menumpuk dan sangat berkemungkinan menginfeksi. Untuk menghindari ini, Anda bisa menggunakan saputangan untuk mengeringkan tangan anda sendiri. Saputangan setidaknya bisa dicuci berulang kali agar tetap bersih dan Anda gunakan secara pribadi.

2. Remote control

Ya, remote control yang sering Anda pegang dan gunakan untuk menonton televisi adalah salah satu tempat favorit kuman untuk berkembang biak. Remote control digunakan oleh banyak orang dan disentuh oleh banyak tangan. Tak hanya itu, kacang remote control juga terjatuh, terkena debu, terinjak hewan peliharaan, dan lainnya. Ini membuat remote control penuh kuman. Untuk menghindarinya, sebaiknya bersihkan remote control secara berkala menggunakan pembersih yang mengandung alkohol untuk menghilangkan kuman dan bakteri.

3. Keran air di dapur

Lapisan logam pada keran air di dapur atau di tempat cuci piring adalah tempat paling ideal bagi kuman untuk berkembang biak. Belum lagi jika Anda tak sengaja menyentuh permukaannya dengan tangan yang kotor atau dengan makanan. Ini akan membuat lebih banyak bakteri yang berkumpul dan tumbuh di sana. Jika Anda menggunakan air keran untuk mencuci piring atau peralatan dapur, bakteri bisa terbawa air dan mendarat pada peralatan dapur Anda.

Cara untuk menghindarinya adalah dengan membersihkan keran air secara teratur. Setidaknya bersihkan keran air seminggu sekali agar keran bebas kuman.

4. Seprai

Survei yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan bahwa orang seringkali mengganti seprai mereka sekali dalam sebulan. Ini berarti seprai tidur Anda menyimpan keringat, debu, atau bahkan air liur selama sebulan penuh. Belum lagi jika Anda mengizinkan hewan peliharaan tidur dengan Anda. Ini akan membuat seprai menjadi ladang kuman yang paling kotor.

Untuk menghindari ini, sebaiknya ganti seprai Anda seminggu sekali. Ini akan membuat seprai lebih bersih dan tak hanya bebas bakteri, tetapi juga bebas kutu busuk.

5. Tempat sikat gigi

Ada bermacam-macam tempat sikat gigi yang digunakan oleh orang-orang. Ada yang menggunakan gelas sederhana untuk meletakkan sikat gigi mereka, ada yang menggunakan tempat berbentuk gantungan, dan lainnya. Apapun itu, tempat sikat gigi bisa menjadi ladang kuman karena air yang menetes dari sikat gigi seringkali berhenti pada tempat tersebut. Belum lagi jika tempat sikat gigi terletak berdekatan dengan toilet atau WC. Ada kemungkinan tempat sikat gigi Anda akan lebih berkuman.

Untuk menghindari banyaknya bakteri berkumpul dalam tempat ini, bersihkan tempat sikat gigi secara teratur. Jangan biarkan ada air yang menggenang di dalamnya. Anda juga harus membersihkan dan mengeringkan sikat gigi dengan benar sebelum meletakkannya. Jika bisa, jangan letakkan tempat sikat gigi dekat dengan toilet atau WC.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)