Inilah 5 Manfaat Garam untuk Kecantikan Tubuh

17 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Mungkin Anda mengira garam hanya digunakan untuk penyedap rasa makanan. Bumbu masakan penambah rasa asin ini ternyata mengandung banyak manfaat terutama untuk kecantikan dan perawatan tubuh lho!

Facial

Garam yang memiliki tekstur sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati wajah. Katherine Dorn dari Pierre Michael Salon menyarankan agar Anda mencampurkan garam dengan minyak wajah atau facial oil. Cara melakukannya ialah pijatkan adonan tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah seperti biasanya.

Meredakan Jerawat

Terkadang jerawat menjadi suatu hal yang merepotkan Anda. Jerawat yang sering muncul tanpa disadari tersebut bisa diredakan menggunakan garam. Dengan menyampurkan seperempat sendok garam dan air hangat lalu kemudian rendam kapas di dalam air hangat dan usap kapas tersebut pada area timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan garam dapat mengurangi pembengkakan serta kemerahan pada jerawat.

Menghilangkan Mata Bengkak

Bumbu dapur yang satu ini juga handal dalam mengurangi pembengkakan pada mata dengan cara yang sama seperti meredakan jerawat. Karena garam mengandung zat yang dapat meredakan pembengkakan.

Menghilangkan sel kulit mati pada kulit

Lakukan setelah mandi dan saat kulit masih basah, ambil garam dan gosokkan perlahan ke seluruh kulit tubuh. Butiran garam akan meluruhkan sel kulit mati dan membuat kulit Anda lebih halus.

Mengangkat Kulit Kering Kaki

Lakukan dengan merendam kaki dalam air hangat yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan garam. Urut dan pijat kaki Anda secara perlahan dan sikat halus agar kulit kering pada kaki dapat terangkat. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan. Untuk memaksimalkan, gunakan lotion yang biasa Anda gunakan.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)