Ini Tips Memilih Makanan Sehat Selama Bulan Puasa

13 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Tubuh akan kekurangan cairan selama kita berpuasa, sehingga di saat berbuka kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi sebagai gantinya. Adapun beberapa tips makanan sehat yang bisa dikonsumsi selama bulan Ramadhan.

Hampir sama dengan menu makanan kita sehari-hari di luar bulan Ramadhan. Namun, yang harus diperhatikan ialah penambahan pada beberapa nutrisi seperti karbohidrat komplek dan serat. Selama berpuasa, karbohidrat kompleks sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pelepasan energi. Karbohidrat kompleks bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi gandung, oat dan juga kacang-kacangan.

Serat akan membantu proses pencernaan dalam tubuh seperti memperlancar buang air besar. Selain itu, serat memiliki sifat mengenyangkan. Anda bisa memperoleh serat dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.

Ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari selama puasa seperti makanan yang berminyak atau digoreng, makanan yang mengandung kadar gula tinggi, makanan yang berlemak, minuman yang tinggi kafein (teh dan kopi), serta minuman yang mengandung pemanis buatan karena akan membuat tubuh cepat kehilangan cairan yang dikeluarkan melalui urin.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)