Ini Penyebab Sakit Perut Saat Berlari!

24 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Pernahkah Anda mengalami sakit atau nyeri di perut saat berlari? Hal tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas berlari kita. Belum tahu penyebabnya? Simak penjelasannya berikut!

Berlari menjadi aktivitas olahraga yang mudah dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Olahraga ini juga mampu membakar kalori dengan jumlah yang fantastis. Namun, seringkali timbul sakit perut saat di tengah berlari. Berikut adalah penyebab - penyebabnya:

Belum Pemanasan

Tidak hanya olahraga berat saja yang butuh pemanasan, berlaripun juga butuh pemanasan terlebih dulu. Pemanasan menjadi dasar awal setiap olahraga agar mencegah terjadinya nyeri atau kram. Sakit perut tersebut dikarenakan otot - otot perut masih kaku untuk mengatur pernafasan.

Makan sebelum berlari

Jika sebelum berlari Anda baru saja makan, maka itu adalah penyebab perut Anda terasa nyeri. Sebab pada saat yang bersamaan, lambung sedang memproses makanan yang baru saja Anda makan dan timbul rasa sakit.

Kurang cairan tubuh

Saat berolah raga tentu kita akan mengeluarkan keringat yang banyak. Untuk itu, pastikan tubuh Anda memiliki cairan tubuh yang cukup sebelum melakukan olah raga.

Berbicara saat berlari

Berlari sambil berbicara juga bisa memicu timbulnya sakit pada perut. Saat Anda berbincang dengan teman atau orang lain sambil berlari, udara akan masuk ke perut dan menimblkan rasa sakit.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)