Ini Nutrisi Terbaik yang Dikonsumsi Setelah Sakit

10 September 2015 Artikel Kesehatan


Kondisi saat sakit memang membuat tubuh menjadi lemah entah itu secara fisik ataupun mental. Setelah sembuh dari sakit kondisi tubuh tidak serta merta akan menjadi bugar kembali, biasanya tubuh masih dalam kondisi lemas. Maka dengan begitu tidak jarang dokter sering kali menyarankan kepada seseorang yang baru sembuh dari sakit untuk melakukan istirahat sebagai tahap pemulihan.

Namun sayangnya hal ini sering kali tidak dihiraukan, mereka cenderung sudah tidak sabar untuk melakukan aktivitas kembali. Perlu Anda ketahui kondisi tersebut tidak membuat tubuh menjadi bugar tapi akan memperburuk kembali kondisi kesehatan Anda setelah sakit. Setelah sakit atau pada masa-masa penyembuhan, makanan yang dikonsumsi wajib Anda perhatikan lebih teliti. Beberapa jenis makanan tersebut berfungsi meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh.

Berikut nutrisi yang perlu dikonsumsi setelah sakit:
1. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral sangat bagus dibutuhkan untuk kesehatan tubuh Anda yang baru sembuh dari sakit, namun sebaiknya hindari mengkonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin dalam bentuk pil. Minumlah sewaktu-waktu saja seperti vitamin D atau kalsium, tetap dianjurkan untuk memperoleh asupan vitamin dan mineral yang cukup tinggi dari makanan alami seperti buah-buahan dan sayur segar.

2. Air
Berdasarkan beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa sekitar 75 persen orang Amerika pernah mengalami dehidrasi. Oleh karenanya dengan rutin mengkonsumsi air dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Jangan lalai atau menunggu hingga Anda merasa haus. Penuhi segera kebutuhan air putih Anda setiap hari yaitu sekitar 2 liter per hari.

3. Protein
Dengan banyak mengkonsumsi protein saat masa-masa penyembuhan akan membantu tubuh Anda semakin sehat seperti sedia kala. Fokuslah pada sumber protein seperti kacang-kacangan, ikan, ayam dan daging sapi.

4. Karbohidrat
Memenuhi konsumsi karbohidrat sangat berguna untuk meningkatkan energi ketika Anda dalam masa penyembuhan. Beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa orang dewasa mempunyai kebutuhan asupan karbohidrat rata-rata sekitar 24 hingga 38 gram serat per hari. Oleh karena itu konsumsilah karbohidrat yang berasal dari beberapa jenis makanan yang juga kaya akan serat seperti buah, sayur, dan gandum. Gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

5. Buah dan sayur
Buah dan sayur adalah nutrisi yang penting untuk dikonsumsi oleh Anda setelah mengalami sakit. Karena, buah-buahan dan sayur banyak mengandung zat antioksidan yang sehat untuk mengembalikan kebugaran tubuh yang sempat melemah akibat sakit.

Makanan di atas baik untuk memberikan energi pada tubuh dan membuat tubuh kembali bugar setelah sakit dan dalam penyembuhan. Jika Anda ingin kembali bugar dan tidak lagi lemah setelah sakit, konsumsi makanan di atas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)