Ini Menu Sehat yang Perlu Disediakan Saat Buka Puasa

26 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Saat berbuka puasa merupakan salah satu saat yang paling dinantikan selama bulan Ramadhan. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa sembarangan mengkonsumsi makanan untuk melampiaskan nafsu yang tertunda seharian. Jika tidak berhati-hati dengan makanan yang Anda konsumsi, itu justru dapat meningkatkan berat badan dan menyebabkan gangguan dalam pencernaan Anda. Manfaat puasa bagi kesehatan pun tidak bisa Anda dapatkan secara optimal. Jadi, jaga porsi makan Anda agar tetap normal dengan memperhatikan kandungan serta keseimbangan gizinya.

Karbohidrat

Sama dengan saat sahur, mengkonsumsi sumber karbohidrat seperti gandum dan beras merah akan memberikan energi yang lebih stabil untuk tubuh. Ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan berat setelah tarawih untuk menghindari rasa malas dan mengantuk.

Protein dan lemak

Ikan laut dan telur sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Protein nabati seperti kedelai juga bisa menjadi alternatif bagi Anda. Ahli gizi dari Physicians Committee for Responsible Medicine di Amerika juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan berbasis tumbuhan selama Ramadhan karena dapat menurunkan serangan jantung, risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan disarankan untuk dikonsumsi masing-masing sebanyak 2 porsi dalam sehari. Bagilah ke 2 porsi tersebut saat sahur dan berbuka. Salah satu buah yang paling populer saat berbuka adalah kurma. Namun, jangan lupa juga untuk menjaga porsinya agar kadar gula darah tidak terlalu melonjak.

Cairan

Minum setidaknya 2 gelas air saat berbuka dan sebelum tarawih, serta 2 gelas air lagi sebelum tidur. Pilih air putih, jus buah dan sayur segar, atau air kelapa agar tubuh tetap terhidrasi. Disarankan juga untuk menambahkan ketimun dan tomat, yang mengandung banyak cairan, ke dalam menu buka puasa Anda.

Pada dasarnya, Anda mengetahui bahwa semua kebutuhan nutrisi harus dipenuhi di setiap hidangan di saat sahur dan berbuka, termasuk cairan. Lalu, menu makanan sehat apa yang biasa Anda siapkan untuk keluarga Anda saat berbuka?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)