Ini Manfaat Jomblo bagi Kesehatan

14 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Orang jomblo selama ini selalu dikaitkan dengan galau, depresi, dan lainnya. Banyak juga yang diolok-olok karena masih jomblo dan melajang sementara teman-temannya sudah memiliki pasangan. Jika Anda termasuk jomblo, jangan keburu galau dan depresi karena tudingan teman-teman Anda. Jomblo, singel ataupun lajang memang di identikkan sebagai status yang menyedihkan, apalagi dizaman seperti sekarang ini. Anda tidak perlu khawatir, abaikan saja persepsi seperti itu. Jomblo tidak selamanya menyedihkan, bahkan dengan menjomblo Anda bisa meningkatkan kualitas hidup anda. Anda mungkin tidak percaya, tapi nyatanya hidup jomblo pun mampu membawa manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat jomblo bagi kesehatan:
1. Bisa mengurangi tingkat stres

Terkadang ketika seseorang menjalin hubungan dengan pasangan, pasti ada-ada saja masalah yang menghampiri. Ujung-ujungnya masalah tersebut berujung menjadi sebuah pertengkaran yang tidak dapat dielakkan. Dan tanpa Anda sadari, pertengkaran tersebut bisa membuat Anda stres. Stres inilah yang bisa memicu meningkatnya resikokanker, penyakit jantung maupun stroke.

2. Bisa meningkatkan kesadaran diri
Ketika Anda sedang jomblo, satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah memiliki banyak waktu untuk berinstropeksi dan memahami diri Anda sendiri. Tentu hal ini akan bermanfaat untuk peningkatan kualitas diri yang termasuk juga dengan kesehatan.

3. Bisa membuat Anda lebih sehat dan bugar
Saat Anda jomblo, maka akan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk merawat diri dan kesehatan Anda. Anda bisa melakukan banyak hal yang mengasyikkan seperti berkumpul dengan teman-teman Anda, maupun berolahraga, tanpa ada seorang pun yang mengatur Anda. Sedang mereka yang mempunyai pasangan akan lebih di pusingkan dengan urusan keluarga, pasangan maupun hal yang lainnya.

4. Bisa membuat kehidupan sosial Anda lebih dinamis
Kehidupan sosial Anda biasanya akan terganggu ketika Anda sudah menikah, hal ini dikarenakan Anda harus mengutamakan keluarga terlebih dahulu. Padahal selain dengan pasangan, Anda juga masih butuh bersosialisasi dengan orang lain baik teman, sahabat ataupun kolega. Kehidupan sosial ini sendiri mampu meningkatkan kesehatan mental, memperpanjang usia dan meningkatkan kualitas hidup anda.

Jangan meratapi status jomblo Anda saat ini. Menjadi jomblo tidak buruk kok, bahkan bermanfaat untuk kesehatan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)