Ini Manfaat dari Mengonsumsi Jeroan

24 April 2015 Artikel Kesehatan


Umumnya orang beranggapan bahwa daging jeroan tidak sehat untuk tubuh manusia karena jeroan merupakan tempat pembuangan racun dari tubuh hewan. Banyak orang tidak tahu bahwa daging jeroan kaya dengan vitamin dan mineral. Daging jeroan banyak mengandung nutrisi. Hati kaya akan protein berkualitas tinggi, vitamin A, vitamin B12, asam folat, zat besi, tembaga, seng dan kromium. Jeroan sangat dianjurkan untuk fungsi gen yang tepat.

Berikut beberapa manfaat jeroan untuk kesehatan
1. Otak

Otak adalah sumber terkaya asam lemak omega-3. Otak juga mengandung beberapa nutrisi yang kuat yakni fosfatidilkolin dan phosphatidylserine yang baik untuk saraf. Otak juga kaya akan anti-oksidan yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang dari kerusakan.

2. Jantung
Jantung kaya asam folat, zat besi, zinc, selenium, vitamin B2, B6, dan B12. Jantung membantu produksi energi dalam tubuh Anda karena merupakan sumber terbaik dari CoQ10. Jerohan ini juga melindungi tubuh dari kerusakan mitokondria yang merupakan rumah utama produksi energi dalam sel manusia.

3. Hati
Hati adalah jeroan yang paling bergizi dan sehat. Hati kaya akan protein berkualitas tinggi, vitamin A, asam folat, zat besi, vitamin B12 dan mineral seperti kromium, tembaga, seng dan lain-lain. Jeroan ini baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kadar hemoglobin.

4. Ginjal
Ginjal kaya nutrisi dan protein. Anda bisa mencoba ginjal sapi atau domba untuk mendapat lebih banyak asupan nutrisi. Jeroan ini juga mengandung asam lemak omega 3. Ginjal memiliki sifat anti-inflamasi dan baik untuk jantung Anda.

5. Pankreas dan Limpa
Kedua organ ini kaya akan zinc dan selenium yang dibutuhkan untuk fungsi hormonal dan kekebalan. Keduanya juga kaya akan omega 3 asam lemak dan protein. Jeroan ini baik untuk kesehatan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh serta pencernaan.

6. Babat dan Usus
Babat merupakan lapisan perut kambing, domba dan sapi, yang kaya dengan kandungan gelatin dan probiotik. Bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Sementara usus adalah sumber yang kaya gelatin dan glutamine yang digunakan untuk mencegah dan mengobati diare dan usus perforasi (lubang). Keduanya merupakan salah satu daging terbaik dari organ hewan, atau daging jeroan hewan.

7. Lidah
Lidah berisi 70 asam lemak persen dan kaya kalori. Jeroan ini kaya akan seng, besi, kolin, vitamin B12 dan mineral. Lidah baik untuk mereka yang sedang dalam proses penyembuhan dari penyakit dan untuk wanita hamil.

Jadi bagaimana, tertarik untuk mengonsumsi jeroan? Tapi ingat jangan sampai berlebihan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)