Ini Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Darah Rendah

15 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Masih ada sedikit kerancuan tentang masalah tekanan darah ini. Banyak orang yang beranggapan bahwa tekanan darah rendah dan kurang darah adalah sama. Disini perlu diketahui (bagi yang masih rancu), bahwa tekanan darah rendah dan kurang darah itu berbeda. Memang gejala yang bisa ditimbulkan keduanya nyaris sama, yaitu badan lemah, kurang semangat, mengantuk dll. Penyebab utama terjadinya tekanan darah rendah adalah anemia atau kekurangan darah. Hal ini terjadi ketika Anda kekurangan asam folat dan Vitamin B12 yang merupakan bahan utama untuk menghasilkan sel darah Anda. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya mengonsumsi beberapa makanan dan minuman ini.

Air putih
Hal lain yang menyebabkan tekanan darah rendah adalah dehidrasi. Maka dari itu, cara ampuh mengatasinya tentu saja adalah dengan banyak minum air putih. Dengan meminum air putih yang cukup, Anda tidak saja mencegah dehidrasi tapi juga meningkatkan volume darah dalam tubuh sehingga tekanan darah Anda juga akan meningkat.

Cara lain untuk meningkatkan tekanan darah Anda adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan segelas air lalu aduk. Minum minuman ini setiap hari agar kadar garam pada darah Anda bertambah sehingga tekanan darah Anda juga meningkat. Namun dalam melakukan hal ini, lebih baik Anda selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Minuman berkafein
Jika Anda ingin meningkatkan tekanan darah Anda, minumlah minuman yang mengandung kafein. Anda bisa meminumnya ketika Anda sedang makan siang atau mungkin sore hari. Namun karena kafein bisa memicu beberapa masalah kesehatan yang lain, ada baiknya Anda terus berkonsultasi dengan dokter untuk hal ini.

Sereal
Para ahli sepakat bahwa untuk mengatasi tekanan darah rendah, Anda sebaiknya mengonsumsi Sereal yang diperkaya dengan nutrisi. Hal ini karena makanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan Vitamin B12 Anda sepenuhnya. Selain makanan ini, Anda juga bisa mendapatkan Vitamin B12 dari hati ayam, keju, susu dan yogurt. Sedangkan untuk mendapatkan tambahan asam folat, Anda bisa mengonsumsi alpukat, hati ayam, brokoli dan bayam.

Minuman berenergi
Contohnya seperti Mizone atau minuman berenergi lainnya. Jika Anda ingin menaikkan tekanan darah, Anda bisa memanfaatkan minuman ini. Minuman-minuman tersebut mengandung cukup banyak sodium yang membantu Anda meningkatkan tekanan darah.

Daging Ayam
Daging ayam mengandung protein hewani yang dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah. Alasannya? Karena tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan mempengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh.

Jadi mulai sekarang Anda bisa mulai memasukkannya ke dalam menu makanan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)