Ini Istilah Label Makanan yang Harus Diketahui

24 April 2019 Artikel Kesehatan


Di era modern kali ini, makanan dalam kemasan sudah tidak asing lagi kita jumpai. Namun sering kali, label makanan pada kemasan yang hendak kita beli kadang luput dari perhatian, kita lebih memilih kepada informasi umumnya saja. Atau terkesan membeli karena info dari iklan di media massa ataupun elektronik. Disadari atau tidak, terkadang ada banyak kebingungan yang berkaitan dengan tanggal kedaluwarsa pada label makanan yang bisa menimbulkan kesalahpahaman.

Berikut beberapa istilah tentang label kedaluwarsa makanan yang wajib untuk Anda ketahui:

"Sell before" date
Sebenarnya label ini ditujukan pada penjual bukan kepada konsumen. Label ini memberitahukan kapan produk tersebut harus dipajang untuk dijual dan harus dibeli sebelum memasuki tanggal tersebut.

"Use before" date
Label ini menunjukkan kapan saat yang tepat untuk menggunakannya. Karena ketika Anda menggunakan atau mengkonsumsinya pada tanggal tersebut, maka pada saat itulah puncak dari kematangan makanan ini. Label ini sendiri ditulis oleh produsen.

"Best before" date
Label makanan ini sebenarnya hanya untuk menunjukkan kualitas dari makanan tersebut, bukan tingkat keamanannya. Jika Anda akan mengkonsumsi makanan lewat tanggal tersebut, bukan berarti Anda harus membuangnya. Tanggal ini hanya menunjukkan kapan masa kualitas terbaik dari makanan itu.

"Expiration" date
Label yang satu ini sudah jelas menunjukan kapan masa terakhir makanan tersebut harus dikonsumsi atau lebih tepatnya kapan makanan tersebut harus dibuang.

Itulah beberapa istilah yang harus Anda ketahui pada label makanan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)