Ini Gaya Hidup yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tulang

27 Juni 2019 Artikel Kesehatan


Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang penting untuk kita lakukan. Dalam hal ini terdapat berbagai cara untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat. Meskipun terkadang tubuh kita tidak mampu menghindari yang namanya sakit. Seperti halnya dengan menjaga kesehatan organ tubuh lain, menjaga kesehatan tulang juga perlu diperhatikan sejak usia muda. Biasanya penyakit tulang akan menyerang seseorang, ketika sudah mengalami usia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan pula penyakit tulang dapat menyerang seseorang yang masih berusia produktif. Banyak orang yang tidak disadari telah melakukan gaya hidup atau kebiasaan yang justru menganggu kesehatan tulang. Kebiasaan ini tidak hanya dilakukan pria tetapi juga wanita. Kebiasaan yang justru membuat penurunan kualitas tulang.

Berikut gaya hidup yang mengganggu kesehatan tulang yang dilakukan pria maupun wanita:
1. Kebiasaaan wanita yang lebih suka menggunakan sepatu berhak tinggi. Untuk beberapa wanita ada sebagian yang menyukai penggunaan sepatu dengan hak tinggi. Jika hal ini dilakukan sering dan dalam jangka panjang jelas akan mengganggu kesehatan tulang belakang.

2. Memiliki kebiasaaan untuk menyilangkan kaki. Kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk memang terasa nyaman dan terlihat gaya. Sayangnya hal ini akan memberikan tekanan pada salah satu tulang secara berlebih. Dampaknya akan berakibat terganggunya tulang belakang, pinggul maupun bagian pelvic.

3. Bekerja atau beraktifitas di depan komputer. Ada beberapa profesi pekerjaan yang mengharuskan di depan layar komputer. Bahkan kebiasaan itu dilakukan selama berjam-jam. Hal inilah yang akan berpengaruh terhadap kesehatan tulang, sendi maupun otot.

4. Penggunaan tas ekstra berat. Penggunaan tas yang terlalu berat akan terlalu memberikan beban terhadap bahu dan tulang belakang. Pada sebagian besar wanita yang menggunakan tas samping dan terlalu berat bisa membuat bahu di salah satu bagian terlihat lebih tinggi daripada yang lain. Sedangkan penggunaan tas punggung yang terlalu berat dalam waktu lama akan menganggu kesehatan tulang bahu dan punggung.

5. Melakukan kebiasaan diet penurunan berat badan secara ekstrim. Diet ekstrim terkadang dilakukan baik pria maupun wanita untuk memperoleh berat badan ideal. Sayangnya banyak yang melakukan diet tanpa aturan yang jelas atau tanpa saran dari dokter atau ahli gizi. Hal ini jelas akan berpengaruh terhadap kurangnya asupan gizi untuk tubuh misalnya kalsium dan vitamin D. Dua mineral tersebut sangat mempengaruhi kesehatan tulang agar tidak terganggu.

Nah, gaya hidup mana yang sering Anda lakukan?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)