Ini Fakta Kentut Dapat Menandakan Kesehatan

21 Februari 2017 Artikel Kesehatan


Kentut merupakan hal yang normal dan dialami oleh setiap manusia. Tapi, ternyata kentut dapat menjadi hal memalukan jika keluarnya dihadapan banyak orang. Untuk menahan rasa malunya, beberapa orang rela menahan kentut bahkan sampai susah untuk kentut lagi. Seperti yang Anda ketahui kalau menahan kentut itu dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Dibalik aromanya yang khas tapi kurang sedap, kentut yang dikeluarkan bisa menjadi sinyal terkait kondisi tubuh.

Anda harus mengetahui fakta kentut untuk mengukur kesehatan sistem pencernaan, metabolisme dan keseimbangan hormon tubuh. sehingga, jika tidak bisa kentut kemungkinan ada beberapa resiko penyakit yang terjadi pada tubuh. Apa saja itu?

Mengeluarkan kentut berarti usus dalam kondisi sehat

Dalam usus ada berbagai jenis mikroorganisme baik bakteri baik maupun jahat. Tiap-tiap mikroorganisme memerlukan gas sebagai makanannya sehingga mereka bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Gas yang diperoleh dari kol, kacang dan brokoli membuat bakteri pencernaan berfungsi dengan baik. Itulah mengapa kalau kentut menandakan sistem pencernaan dalam keadaan sehat.

Kentut bisa menandakan jika Anda salah makan

Yang perlu diketahui tentang kentut yakni mengindikasikan jika Anda salah mengkonsumsi makanan. Apabila perut terasa kembung dan sulit membuang gas berarti usus atau organ pencernaan sulit mencerna makanan. Berarti Anda telah mengkonsumsi makanan yang membuat usus sulit mengolahnya. Makanan tersebut seperi karbohidrat kompleks dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Kentut bisa sebagai gejala penyakit serius

Bila keseringan buang gas atau kentut bisa jadi ada gangguan kesehatan serius pada tubuh. Apalagi jika disertai dengan aroma yang tidak seperti biasanya dan rasa nyeri tidak tertahankan. Kemungkinan terburuk dari gejala yang ditunjukkan tubuh melalui kentut adalah kanker usus. Jika mengalaminya segeralah hubungi dokter.

Kentut membuat lebih nyaman

Satu ini memang tidak bisa dipungkiri kalau sebenarnya kentut membuat merasa lega dan nyaman. Sebab, pada dasarnya kentut itu cara tubuh mengeluarkan gas yang tidak berguna sama seperti buang air besar dan kecil. Jadi, usahakan untuk tidak menahan kentut! Kalau dihadapan orang banyak segera cari tempat yang nyaman untuk kentut agar tidak mengganggu banyak orang dan memalukan.

Itulah fakta kentut yang bisa Anda jadikan pelajaran dan lebih memperhatikan kesehatan tubuh. walau kelihatannya sepele, tapi nyatanya berdampak besar bagi kesehatan!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)