Ini Dia Sederet Manfaat Minum Hot Chocolate

29 November 2019 Artikel Kesehatan


Musim hujan, memang yang paling cocok adalah menyantap makanan atau minuman hangat. Tak terkecuali minuman hangat yang hampir digemari setiap orang. Hot Chocolate atau cokelat panas merupakan minuman yang sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang tidak bersahabat di luar. Meminum secangkir cokelat panas tidak hanya nikmat, tapi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Cokelat panas sudah dikenal sejak abad ke-16 dan ke-19 sebagai minuman yang menyehatkan. Uniknya, semakin gelap warna cokelat, maka kandungan antioksidan pada cokelat akan semakin tinggi.

Apa saja manfaat secangkir cokelat panas?

Sebagai mood booster

Minum secangkir cokelat panas dapat mengatasi stres, rasa cemas, dan depresi. Selain itu cokelat panas juga dapat menstimulasi produksi endorfin yang dapat meningkatkan mood dan membuat Anda merasa bahagia dalam sekejap. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah kandungan gula dalam minuman cokelat yang Anda konsumsi. Sebaiknya hindari penambahan gula pada cokelat yang Anda minum.

Kadar antioksidan yang tinggi

Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University membuktikan bahwa cokelat hangat ini mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan teh hijau dan wine. Cokelat panas mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan cokelat batangan.

Menurunkan Berat Badan

Loh? Kok cokelat bisa menurunkan berat badan?

Segelas cokelat panas rendah kalori bisa membantu Anda untuk mengurangi berat badan. Anda pun bisa mengontrol nafsu makan dan keinginan ngemil berlebih dengan minuman ini. Dengan catatan tidak menambahkan gula pada cokelat yang Anda konsumsi.

Membantu berpikir lebih baik

Menurut American Association for the Advancement of Science, minum coklat panas dapat membantu Anda berpikir lebih baik juga. Flavonoid meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak . Karena demensia disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otak, peneliti berpikir itu bisa diobati dengan kakao.

Menghindari risiko penyakit jantung

Cokelat panas mengandung flavonoid, yang membantu tubuh memproses nitrat oksida Anda, itulah mengapa coklat panas dapat meningkatkan aliran darah, membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)