Ini Dia Penyebab Punggung Sering Sakit

13 November 2013 Artikel Kesehatan


Sakit punggung memang bisa terjadi kapan saja. Namun umumnya, hal itu disebabkan karena beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang.

Ya, sakit punggung memang seringkali mengganggu. Untuk itu Anda perlu mengetahui penyebab dari sakit punggung ini.

Nah berikut ulasannya:

  1. Kasur tidak diganti. Sakit punggung juga disebabkan karena kasur yang tidak diganti. Kasur yang bagus, usianya tidak lebih dari 10 tahun. Pilih kasur yang tidak terlalu keras ataupun lembut. Hal ini untuk menghindari tekanan yang terjadi pada punggung.
  2. Kebiasaan membawa tas. Kebiasaan membawa tas yang hanya di satu sisi pundak, akan menyebabkan tubuh menjadi tidak imbang. Karena itu, usahakan untuk bergantian saat membawanya. Selain itu, pastikan berat tas tersebut tidak lebih dari 10% berat badan Anda.
  3. Sepatu. Pada wanita, sepatu berhak tinggi menjadi penyebab sakit punggung. Namun rupanya, sepatu flat atau tanpa heels pun bisa memicu penyakit tersebut.
  4. Memendam amarah. Peneliti di sebuah universitas menemukan bahwa rasa amarah, depresi, dendam bisa menyebabkan sakit punggung. Emosi dan tekanan yang dirasakan, secara langsung bisa mengirimkan sinyal ke saraf bagian punggung.
  5. Duduk seharian. Duduk berlama-lama di depan komputer saat bekerja dapat mengganggu postur tubuh yang menyebabkan sakit pada otot punggung karena tidak aktif bergerak.
  6. Stres. Jika pikiran stres, seluruh tubuh akan ikut stres. Otot pada bagian belakang dan leher akan ikut menegang. Jika Anda terus stres, otot-otot tersebut jadi tak bisa rileks dan menyebabkan sakit.
  7. Kurang olahraga. Olahraga dapat membentuk otot yang kuat untuk menopang punggung. Jika kurang olahraga, otot akan jadi lemah dan kekuatan tulang belakang akan mengendur.
  8. Sering makan junk food. Makanan cepat saji memiliki kalori yang tinggi tapi nutrisinya sangat rendah dan bisa sebabkan kegemukan. Bobot tubuh yang bertambah biasanya akan menumpuk pada area punggung. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan pinggul jadi maju ke depan dan menekan tulang belakang. Orang gemuk juga lebih rentan terserang osteoporosis.


Oleh: Ariyanti

(Dikutip dari berbagai sumber)