Ini Dia Manfaat Sehat Terapi Pijat bagi Tubuh

18 April 2015 Artikel Kesehatan


Pijat sudah dikenal sejak puluhan tahun di masyarakat. Pijat dapat memberikan efek relaksasi dan menghilangkan pegal, sehingga dapat membuat badan kembali bugar. Jadi, bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan atau yang memiliki berbagai macam kesibukan dan lebih rentan terkena stres mungkin terapi pijat dapat menjadi solusi yang patut dicoba. Terapi pijat selain dapat memperlancar sirkulasi darah dan juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan terapi pijat tubuh, antara lain:

1. Relaksasi otot
Ini adalah manfaat utama melakukan terapi pijat. Dengan melakukan pijatan pada titik-titik tubuh yang bermasalah dan lelah, otot tubuh jadi lebih santai dan mampu melepaskan ketegangan. Respon sistem syaraf tidak sadar pun akan lebih santai, hal ini dapat menurunkan denyut jantung, pernapasan melambat dan hormon stres berkurang karena meningkatnya serotonin dalam tubuh. Pikiran lebih positif dan segar.

2. Sakit kepala
Penelitian membuktikan bahwa pijatan dapat meredakan nyeri migrain dan membantu pengidap sakit kepala lain untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

3. Nyeri punggung
Penelitian mengungkap bahwa pijat bahkan mendatangkan lebih banyak manfaat untuk meredakan nyeri punggung dibandingkan akupuntur dan obat-obatan pereda rasa sakit.

4. Kanker
Pijatan dapat digunakan sebagai terapi sampingan yang terbukti dapat menjadi sarana relaksasi dan mengurangi gejala atau efek samping pengobatan kanker. Pijat juga dapat membangun sistem kekebalan tubuh, meredakan nyeri, bengkak, kelelahan, dan rasa mual.

5. Mengatasi penyakit kronis
Melakukan terapi pijat disertai dengan konsumsi obat tradisional akan mampu membantu meringankan penyakit kronis seperti arthritis, meningkat energi, menurunkan hipertensi, diabetes, asam urat, nyeri sendi, penyakit kulit, dan depresi. Pijat juga akan memperbaiki sirkulasi darah dan memperbaiki asupan oksigen sehingga sistem imun lebih kuat.

Nah, itu dia manfaatnya melakukan pijat seluruh tubuh. Jadi, tidak ada salahnya Anda memanjakan tubuh dengan cara terapi pijat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)