Ini Dia Manfaat Kesehatan dari Buah Salak yang Belum Anda Ketahui

1 September 2016 Artikel Kesehatan


Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan buah yang memiliki tekstur kulit seperti ular ini. Ya. Buah salak yang dalam bahasa Inggris disebut snake fruit ini sangat mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Dibalik rasanya yang khas, rupanya buah ini memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh lho!.

Satu buah daging salak terbukti mengandung saponin, tanin, kalsium dan flavonoida. Selain itu, kandungan gizi salak yang lainnya yakni kalori, protein, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin C dan B juga air.

Ingin tahu apa saja manfaat kesehatan lainnya dari konsumsi buah salak? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Obat Diare

Banyak yang meyakini salak menjadi cara alami dalam mengatasi sembelit atau masalah pencernaan pada tubuh. Menurut sebuah penelitian, kandungan nutrisi yang terkandung pada salak tersebut yang mampu mengatasi penyakit diare.

Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel saja yang baik untuk mata Anda. Kandungan nutrisi dan vitamin pada salak dikatakan hampir setara dengan wortel. Nah, jika Anda memiliki gangguan kesehatan pada mata namun tidak terlalu suka dengan wortel, Anda bisa mencoba konsumsi buah salak.

Mengatasi Batuk

Siapa sangka dengan konsumsi salak, Anda dapat menyembuhkan batuk. Kandungan nutrisi yang meliputi kalium dan pektin yang cukup tinggi menjadikan tubuh yang mengkonsumsi salak lebih sehat dan daya tubuh meningkat. Penyakit batuk pun dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah salak.

Membantu Program Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, salak menjadi buah yang tepat sebagai pendamping kebutuhan serat dan vitamin C. Buah ini dirasa tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan tubuh ideal dan konsumsi alternatif buah-buahan kaya serat.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Menurut sebuah penelitian, salak diklaim mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya.

Yuk perbanyak konsumsi buah salak dan rasakan khasiatnya!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)