Ini Dia Makanan Penghancur Lemak yang Efektif

2 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Tubuh sehat dan berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Untuk mendapatkannya kita bisa menjalankan pola hidup sehat yakni dengan pola makan sehat, olah raga teratur, cukup istirahat dan menghindari stres. Salah satu kunci penurunan berat badan adalah pola makan sehat. Lemak memang sangat mengganggu. Tidak hanya dapat merusak penampilan dan membuat orang tidak percaya diri, timbunan lemak juga dapat menyebabkan diabetes dan berbagai penyakit lain. Tidak heran, jika pada akhirnya banyak orang yang rela diet untuk menghilangkan lemak dari tubuhnya. Risikonya, Anda tidak bisa menyantap makanan-makanan lezat favorit Anda. Padahal, sebenarnya ada beberapa makanan enak yang justru berfungsi untuk membakar kalori di dalam tubuh.

Nah, menurut dr. Michael Hartanto Angriawan dari MeetDoctor, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa membakar kalori dalam tubuh. Beberapa makanan enak tersebut dipercaya dapat membakar kalori dalam tubuh dengan jumlah yang banyak dan juga menyehatkan.

Berikut beberapa makanan pembakar lemak yang bisa membakar kalori dalam tubuh:
1. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan serat yang tinggi. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang dapat mempercepat metabolisme tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu, tidak heran jika alpukat dapat membakar lemak lebih cepat. Bahkan, alpukat memiliki banyak sekali manfaat, seperti dapat mengurangi kadar kolesterol, menyembuhkan luka dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Kopi
Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat membuat jantung bekerja lebih cepat. Ternyata tidak hanya itu, kopi juga dapat membantu Anda dalam membakar lemak. Namun, Anda tak disarankan untuk terlalu sering mengonsumsi kafein karena dapat berdampak pada kesehatan Anda lainnya. Anda dapat mencoba menggantinya dengan kayu manis.

3. Seledri
Seledri mengandung air, karena itulah seledri dapat membantu membakar banyak lemak di dalam tubuh. Anda dapat memasukkan seledri ke dalam menu diet dan dapat dikombinasikan dengan makanan lainnya.

4. Jeruk bali
Jeruk bali dipercaya dapat mempercepat proses metabolisme dan membantu membakar banyak kalori. Jeruk bali juga dapat membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan lama dengan kalori yang sedikit. Tidak hanya itu, jeruk bali juga kaya akan serat yang dapat membantu tubuh dalam menstabilkan glukosa darah.

5. Omega 3
Jenis ikan laut, seperti ikan tuna, salmon dan beberapa jenis suplemen ikan kaya akan omega-3 yang dapat membantu membakar lemak lebih cepat. Hal itu dikarenakan omega-3 adalah asam lemak yang dapat mempengaruhi tingkat hormon leptin yang berfungsi untuk mengontrol lemak dalam proses pembakarannya.

Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, diperlukan juga olahraga yang teratur, agar tubuh menjadi lebih sehat dan tentunya memiliki tubuh yang ideal.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)