Ini Dia Diet ala Klub Bola Inggris

31 Mei 2012 Artikel Kesehatan


Untuk menjaga stamina pemain, klub besar bola dunia menerapkan pola diet tersendiri. Tiap klub punya cara dan strategi sendiri. Kepala Pengetahuan Olah Raga Manchester United, Tony Sturdwick mengungkapkan, diet sehat dan sebuah suplemen sama pentingnya untuk meningkatkan kinerja para pemain. Berikut adalah kiat diet dari berbagai klub bola Inggris:

Diet Ala Chelsea FC

Saat ini Chelsea menggalakkan filosofi sepertiga makanan dari diet seimbang, dengan pembagian makanan energi (karbohidrat), makanan pemulihan (protein), dan makanan perlindungan (buah dan sayuran) yang diterapkan pada setiap kali makan mulai dari pesepak bola usia 9 tahun hingga tim dan staf senior.

Diet Ala Tottenham Hotspur

Mantan kapten Tonttenham Hotspur, Gary Mabbut mengatakan umumnya program diet yang diterapkan klubnya jelang pertandingan adalah dengan menyajikan makanan telur orak-arik di atas roti panggang, ayam rebus, ikan, dan pasta dalam satu piring yang bisa ditambah dengan roti bakar dan teh.

Diet Ala Arsenal

Manajer Arsene Wenger, yang telah menukangi Arsenal dalam turnamen Liga Primer Inggris sejak 1996 ini sangat perhatian dengan program diet yang bisa mempengaruhi tingkat bermain anak asuhannya.

Karenanya saat pelatih kelahiran Strasbourg ini mengambil alih klub, Wenger membuat perubahan drastis mengenai pola makan skuad the Gunners. Dia menentukan jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasukannya pada saat pertandingan dan selama menjalani latihan.

Pelatih 62 tahun ini melarang anak asuhannya mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak, gula, produk olahan susu dan turunannya, juga daging merah. Wenger mengatakn yang diperlukan pemainnya adalah untuk banyak mengkonsumsi ikan, sayuran, dan air putih.

Wenger juga menetapkan makanan yang boleh dikonsumi jelang pertandingan yang terdiri dari wortel mentah dan seledri, pure kentang, sayuran rebus, ayam dan ikan rebus, dan pai apel yang disajikan polos tanpa tambahan es krim ataupun krim.

Sumber: republika.co.id