Ini Cara Sehat Berpuasa untuk Penderita Maag

15 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Maag terjadi karena adanya luka atau peradangan di lambung yang menyebabkan rasa sakit dan perih pada perut. Biasanya orang yang menderita maag akan mengalami sakit dan perih pada perut bahkan muntah-muntah. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menghindari makanan yang bisa membuat penyakit maag kambuh. Salah satu cara mencegah maag agar tidak kambuh adalah makan dengan teratur. Nah, berhubung sekarang lagi Bulan Ramadhan, jangan menjadikan maag sebagai suatu alasan bagi Anda untuk tidak berpuasa.

Berikut beberapa cara dalam menjalankan ibadah puasa khusus bagi penderita maag:
1. Makan sahur wajib Anda lakukan

Makan sahur sangatlah penting untuk menjaga agar perut tidak dalam keadaan kosong, sehingga memicu naiknya asam lambung. Jadi, makan sahur ini berfungsi sebagai pengontrol kadar asam lambung didalam perut. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi obat maag saat Anda makan sahur.

2. Segeralah berbuka puasa saat waktunya tiba
Segeralah berbuka, hal ini untuk mengantisipasi agar asam lambung Anda tidak naik. Makanlah makanan dan minuman ringan yang hangat dan manis. Hindari soda dan kebiasaan langsung menyantap makanan berat dalam jumlah yang berlebihan, karena hal ini malah akan memicu naiknya asam lambung Anda.

3. Jangan makan berlebihan
Makan secukupnya pada saat sahur dan berbuka puasa. Jangan pernah makan dengan porsi yang berlebihan, karena hal ini akan memicu naiknya asam lambung didalam perut Anda.

4. Buatlah jadwal minum obat maag yang teratur
Saat berpuasa, jadwal meminum obat hanya pada saat kita sahur dan berbuka puasa. Anda harus teratur dalam meminum obat tersebut, sehingga ibadah puasa Anda bisa lancar tanpa gangguan perih yang disebabkan oleh maag.

5. Jangan tidur setelah makan sahur
Kebanyakan orang akan kembali tidur setelah makan sahur. Sebaiknya kebiasaan ini harus dihindari oleh penderita maag, karena jika Anda kembali beranjak tidur setelah makan sahur, maka sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas akan naik dan menjadikan Anda lapar saat terbangun. Saat merasa lapar itulah, asam lambung dikhawatirkan akan naik, dan Anda akan merasa perih dibagian lambung.

Itulah cara sehat berpuasa bagi penderita maag, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi didalam menjalankan ibadah puasa Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)