Ini Cara Ampuh Mencegah Kram di Kaki

12 Mei 2016 Artikel Kesehatan


Kram merupakan menegangnya otot di suatu bagian tubuh sehingga menimbulkan rasa sakit selama beberapa menit namun bisa juga berhari-hari. Kram di bagian kaki yang paling umum terjadi karena kaki bertugas berat menyangga badan sepanjang hari selama kita berjalan dan berdiri. Selain kaki kram juga terjadi pada bagian badan yang dapat bergerak seperti tangan, leher. Kram dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun sehingga membuat kita tidak nyaman ketika kram melanda kita. Aktivitas seperti pekerjaan akan menjadi terganggu jika kram menyerang secara tiba-tiba. Kram di kaki terjadi karena adanya kejang pada otot yang terjadi ketika otot mengalami kontaksi terlalu keras. Kontraksi biasanya terjadi pada otot betis, di bawah dan di belakang lutut dan dapat berpengaruh pada otot-otot kecil pada kaki.

Berikut beberapa cara mencegah kram di kaki.
1. Konsumsi kalsium dan kalium.

Suplemen kalsium yang banyak di pasaran dapat menjadi pilihan. Selain itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kangkung serta yogurt dan susu rendah lemak untuk meningkatkan kadar kalsium di dalam tubuh. Sedangkan kalium bisa Anda dapatkan dalam pisang, alpukat, ikan, unggas dan daging.

2. Perbanyak minum air putih.
Kekurangan cairan dalam tubuh adalah sebab dari banyak penyakit, termasuk kram. Minumlah 6-8 gelas air putih sehari untuk menjaga kelenturan otot Anda atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan air seperti sayuran hijau atau semangka.

3. Jangan sering menggunakan sepatu high heels.
Mengenakan high heels membuat kaki cepat lelah. Jika memang harus menggunakannya, sesekali lepaskan sepatu dan lakukan peregangan agar kaki punya kesempatan untuk istirahat.

4. Olahraga sebelum tidur.
Melakukan olahraga ringan sebelum tidur dapat merangsang sirkulasi darah, khususnya pada kaki. Berjalan kaki atau perenggangan kaki sebelum tidur dapat Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak dan terbebas dari kram.

5. Konsultasi dengan dokter.
Salep pereda nyeri otot yang banyak dijual secara bebas tidak bisa meredakan rasa nyeri pada kram yang cukup parah. Segera hubungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kram yang diderita.

Itulah cara mencegah kram di kaki, semoga cara ini bermanfaat untuk Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)