Ini Bahayanya Memakai Sandal Jepit

5 November 2019 Artikel Kesehatan


Sandal merupakan alas kaki yang paling populer dipakai karena sifatnya yang praktis dan nyaman digunakan. Namun, tahukah Anda bahwa sandal jepit juga memberikan bahaya yang besar?

Menurut sebuah penelitian perusahaan asuransi Sheilas' Wheels yang melibatkan sebanyak 1.055 pengendara wanita di Inggris, menemukan bahwa 27 persen wanita mengaku memakai sandal jepit membuatnya terlibat dalam kecelakaan. Bahkan 60 persen menuturkan kalau alas kaki menjadi penyebab utama mereka kehilangan kendali ketika berkendara.

Sandal jepit bertanggung jawab atas 1,4 juta kasus kecelakaan lalu lintas di jalanan negara Inggris setiap tahunya. Hal itu dikarenakan ketika memakai sandal, kaki wanita tidak mampu menginjak pedal rem secara efektif.

Tidak hanya itu, ternyata sandal jepit juga berbahaya bagi ibu hamil. Ahli penyakit kaki dari Society of Chiropodists and Podiatrists (Inggris) menemukan bahwa 7 dari 10 ibu mengalami keluhan sakit kaki setelah mengenakan beberapa jenis alas kaki seperti salah satunya sandal jepit. Sebanyak 1000 wanita hamil disurvei,dilaporkan bahwa 45% mengalami bengkak pada kaki, 37% bengkak pada pergelangan kaki, dan 16% menderita sakit telapak kaki selama masa kehamilan.

Kenaikan berat badan juga berpengaruh pada ibu hamil. Lalu, alas kaki seperti apa yang harusnya dipakai oleh para ibu hamil? Lorraine Jones selaku ahli terapi kaki mengatakan bahwa alas kaki berukuran lebar dengan ukuran hak tidak lebih dari 1,2 inci merupakan pilihan yang ideal.

Sandal memang praktis dan nyaman, tapi Anda harus memperhatikan penggunaan pada tempatnya dan memperhatikan keselamatan saat berkendara.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)