Ini Alasan untuk Mengkonsumsi Buah Aprikot

30 Juli 2015 Artikel Kesehatan


Tidak banyak orang tau apa itu buah aprikot, buah Aprikot memiliki bahasa latin "plum Armenia". Buah ini adalah salah satu spesies dari subgenus Prem. Dari mana asal muasal tanaman ini sulit dipastikan karena telah di budidayakan sejak zaman dahulu kala. Tetapi kemungkinan besar tanaman ini berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, bisa juga berasal dari Korea ataupun Jepang. Buah Aprikot ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dikeringkan untuk dimakan sebagai buah kering. Buah ini juga cukup nikmat untuk dibuat minuman seperti: jus, selai dan jelly. Rasa buah aprikot sendiri mirip dengan buah peach atau buah plum. Di balik rasanya yang menyegarkan, buah ini ternyata tinggi akan manfaat sehat.

Berikut beberapa manfaat sehat dari buah aprikot:
1. Menguatkan jantung

Tingginya kandungan vitamin C di dalam buah aprikot mampu memperlancar sirkulasi darah yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan seratnya juga baik untuk menekan tinggi kadar kolesterol yang mampu membahayakan kesehatan jantung.

2. Mempercantik kulit
Tidak hanya mampu menyehatkan jantung, kandungan vitamin C dalam buah aprikot juga mampu membuat kulit Anda halus, cerah, dan bercahaya. Tingginya mineral di dalam buah aprikot juga dapat mempercantik kulit Anda.

3. Menyehatkan pencernaan
Selain kandungan serat tinggi di dalamnya, kandungan pektin dalam buah aprikot juga mampu membersihkan usus dan memperlancar gerakan peristaltik dalam usus. Sehingga kesehatan pencernaan Anda dapat terjaga.

4. Menguatkan otot
Buah aprikot sangat tinggi akan sifat anti-inflamasi di dalamnya yang mampu menyembuhkan peradangan sendi Anda. Selain itu, buah aprikot juga mengandung boron, suatu zat mineral yang menjaga kandungan kalsium dan magnesium dalam tubuh.

5. Membuat tubuh terhidrasi dengan baik
Kandungan potasium di dalam buah aprikot mampu memperlancar regulasi sel yang bertugas untuk menjaga kandungan air dalam tubuh. Selain mampu menghidrasi tubuh dengan baik, buah aprikot juga mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

6. Mencegah anemia
Aprikot merupakan buah yang tinggi akan zat besi sehingga baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh yang baik untuk mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Selain memiliki manfaat super bagi kesehatan, ternyata buah Aprikot juga dapat merugikan kesehatan yaitu pada bagian bijinya. Karena bagian biji buah aprikot ini mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia yang dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh. Untuk itu sebaiknya Anda berhati-hati dalam mengkonsumsi buah ini, jangan sampai biji dari buah Aprikot ini termakan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)