Ini Alasan Mengapa Harus Melakukan "Bike to Work"

30 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Gaya hidup sehat bukan lagi suatu hal yang baru. Banyak orang mulai sadar akan kebutuhan tubuh mereka yang paling utama yaitu kesehatan. Bahkan gaya hidup sehat muncul beraneka ragam hingga bisa dijadikan pilihan, termasuk salah satunya bike to work. Bike to work alias pergi bekerja pakai sepeda populer sejak beberapa tahun yang lalu, kegiatan bersepeda mulai digalakkan bukan hanya untuk menjaga kesehatan, namun juga mengurangi polusi udara. Apalagi kegiatan bersepeda ini paling baik dilakukan saat pagi hari. Bersepeda juga memiliki banyak manfaat secara sosial maupun kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan:
1. Meningkatkan suasana hati

Tingkat oksigen dalam tubuh yang baik juga berpengaruh pada suasana hati yang baik. Cari jalan yang halus dan banyak pepohonan, Anda akan merasa tenang dengan sendirinya. Anda mungkin juga akan menemukan pengalaman lain yang belum pernah Anda alami sebelumnya.

2. Pernapasan yang lebih baik
Secara umum, Anda akan berolahraga di pagi hari. Seiring banyaknya Anda mengayuh sepeda, semakin keras pula Anda melatih pernapasan dengan sangat baik. Anda akan mendapatkan lebih banyak udara segar dan angin akan mengusir rasa kantuk Anda. Dengan begini, oksigen juga lebih banyak masuk dan mencukupi kebutuhan otak Anda sehingga Anda juga lebih produktif.

3. Tubuh lebih ramping
Jelas olahraga sepeda merupakan olahraga yang akan membantu mengencangkan otot dan membakar kalori di dalam tubuh. Dengan begini, Anda yang menjalankan diet tidak perlu khawatir tubuh kurang olahraga lagi karena porsi olahraga Anda diambil alih oleh kegiatan rutin bersepeda yang sehat setiap pagi dan sore hari.

4. Jauh dari penyakit
Selain jantung sehat dan peredaran darah yang lancar, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengendara sepeda memiliki lebih sedikit hari-hari terserang penyakit. Semakin jauh jarak mereka bersepeda, semakin baik tingkat kesehatan mereka.

Nah, siapkan sepeda Anda dan mulailah rutinitas sehat berangkat kerja dengan sepeda mulai sekarang .

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)