Ini Alasan Harus Banyak Makan Bayam

4 September 2019 Artikel Kesehatan


Bayam menjadi salah satu sayuran bervitamin yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Berdaun hijau dan memiliki lebar daun yang besar dengan batang tidak begitu tinggi merupakan ciri fisik dari bayam. Harga murah dan mudah didapatkan juga merupakan beberapa keunggulan dari bayam. Meskipun begitu, bayam memiliki beberapa khasiat yang mengejutkan bagi kesehatan tubuh Anda. Gaya hidup sehat harus dimulai sejak dini untuk menjaga berat badan ideal juga agar tubuh tidak mudah sakit. Selain olahraga, tentunya Anda juga perlu menyeimbangkan asupan nutrisi dengan sayur dan buah. Salah satu sayur yang wajib dikonsumsi adalah bayam. Bayam merupakan salah satu sayur yang sangat mudah didapatkan, murah meriah dan pastinya lengkap dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Berikut alasan mengapa harus banyak makan bayam.
1. Membuat tulang lebih sehat

Bayam memiliki kandungan vitamin K, kalsium dan magnesium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Mineral tersebut akan menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi.

2. Pencegah kanker
Bayam mengandung sejumlah besar flavonoid, yang dikenal memiliki sifat anti-karsinogenik atau anti kanker. Senyawa ini dapat memperlambat pembelahan sel kanker dan juga dapat mengecilkan potensi sel kanker kulit. Bahkan bayam juga menunjukkan hasil yang signifikan melawan kanker prostat.

3. Menjaga kesehatan mata
Bukan hanya kaya flavonoid, bayam juga kaya karotenoid atau vitamin A yang dapat melindungi mata dari gangguan mata katarak, degenerasi makula, serat gangguan mata lainnya.

4. Sistem kekebalan tubuh terjaga
Bayam juga kaya zat besi yang akan melancarkan peredaran darah dan baik untuk hemoglobin sehingga bisa mengambil lebih banyak oksigen dan membersihkan tubuh. Hal ini akan berpengaruh besar pada kekebalan tubuh dan kekuatan tubuh dalam melawan infeksi.

5. Kulit awet muda
Bukan hanya menjaga kesehatan dari dalam, bayam juga menjaga kecantikan kulit Anda. Sebagai sayuran hijau, bayam memiliki banyak antioksidan, termasuk salah satunya adalah vitamin A yang mampu memberikan kelembaban pada epidermis, sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat, keriput dan psoriasis.

6. Memenuhi kebutuhan energi
Bayam adalah pilihan sehat untuk memenuhi energi karena dapat mencegah anemia dan mengatur kadar gula darah sehingga mencegah Anda cepat lelah di siang hari. Seratnya juga sangat baik menjaga perut tetap kenyang, cocok untuk diet.

Yuk, konsumsi lebih banyak mulai dari sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)