Ini 5 Jenis Makanan untuk Mengatasi Sembelit

20 November 2016 Artikel Kesehatan


Salah satu masalah kesehatan yang menyebalkan adalah ketika saat mengalami sembelit. Bagaimana tidak menyebalkan, karena sembelit bisa membuat Anda berlama-lama di dalam toilet dan hal ini dikarenakan susah untuk buang air besar. Anda mungkin merasakan ketidaknyamanan pada perut sepanjang hari.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sembelit itu sebenarnya menandakan adanya suatu masalah di dalam saluran pencernaan. Dan kebanyakan orang akan segera mengatasi atau mencari solusi dengan mengkonsumsi obat pencahar. Tetapi sayangnya mengkonsumsi obat-obatan seperti pencahar ini bukanlah obat alami dan juga kurang baik bagi tubuh. Lalu, apa yang bisa dilakukan jika saja mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit ini? Jalan yang tepat adalah mengkonsumsi makanan yang dapat mengatasi sembelit, seperti;

1. Ubi
Anda mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya jika ubi yang terasa manis, lezat, dan sekaligus mengenyangkan termasuk di dalam kategori makanan yang dapat meredakan sembelit? Berdasarkan nutrisi yang terkandung di dalamnya, ubi kaya akan magnesium, serat, dan kadar air. Kandungan-kandungan inilah yang dapat berfungsi sebagai pencahar alami untuk saluran pencernaan yang tersumbat seperti kasus sembelit.

2. Sayuran hijau
Seperti halnya ubi, sayuran hijau juga dikenal oleh masyarakat sebagai makanan sehat yang menyehatkan dan kaya akan serat. Seperti yang diketahui bahwa serat merupakan kandungan senyawa yang dapat membuat saluran pencernaan kita menjadi lebih lancar. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin dapat juga mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

3. Oatmeal
Oatmeal adalah sejenis biji-bijian yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan pakar kesehatan seringkali menyarankan kita untuk mengkonsumsi oatmeal pada saat sarapan. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko terkena konstipasi atau sulit buang air besar. Kandungan oatmeal yang kaya akan serat bisa membuatnya lebih lambat untuk dicerna.

4. Semangka
Semangka adalah buah yang banyak memiliki kandungan air dan kaya akan serat sehingga dapat mendorong makanan yang ada di dalam usus besar agar bergerak dengan lancar. Kandungan air sebesar 90% dapat menjaga usus besar untuk bekerja lebih baik. Kandunganlycopene yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

5. Kismis
Kismis adalah buah-buahan kering yang bersifat tinggi akan antioksidan. Dengan mengkonsumsi segenggam kismis maka dapat berfungsi untuk membersihkan sistem pencernaan Anda. Selain itu Anda dapat mengkombinasikan kismis dengan yang lain, seperti yoghurt atau oatmeal. Yoghurt yang terbukti kaya akan probiotik juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Cara ini sangat membantu mengatasi sembelit yang terasa amat menyiksa.

Sembelit memang dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat pencahar, tetapi obat kimia pastinya tidak selamanya baik bagi tubuh. Jalan terbaik adalah dengan mengkonsumsi bahan alami yang telah terbukti dapat mengatasi sembelit, seperti: ubi, sayuran hijau, oatmeal, semangka dan kismis.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)