Ini 5 Jenis Makanan Penambah Konsentrasi

21 September 2016 Artikel Kesehatan


Setiap orang tentunya membutuhkan konsentrasi supaya hasil pekerjaannya memuaskan, begitu juga bagi siswa yang sedang belajar juga membutuhkan konsentrasi agar pelajaran dapat diserap dengan baik. Supaya dapat berkonsentrasi dengan baik perlu didukung dengan asupan makanan, salah satunya adalah dengan sarapan. Sarapan sangat penting supaya Anda mendapat tambahan energi dan asupan nutrisi yang tepat untuk mendukung konsentrasi. Seorang pakar dari Harvard university bernama Ronald E. Kleinman, M.D mengatakan bahwa sarapan dengan komposisi yang tepat dalam hal gizi atau pun nutrisi sangat baik untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Berikut ini 5 jenis makanan yang dapat menunjang daya konsentrasi Anda:
1. Telur

Anda pasti sudah mengetahui bahwa telur kaya akan protein. Bagian dari telur yang dianjurkan adalah kuning telurnya. Karena bagian ini mengandung nutrisi yang penting untuk perkembangan memori, seperti yang dikatakan oleh dr. Fiastuti W. MSC. MS. SpGk, dokter dari Divisi Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RSCM.

2. Ikan Salmon
Di dalam dunia kesehatan ikan salmon termasuk jenis ikan laut yang sangat istimewa, karena kandungan asam lemak Omega-3 yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak. Walaupun ikan salmon tidak hidup di perairan Indonesia, tetapi Anda masih bisa mendapatkannya di pasar yang menjual ikan salmon. Walaupun harganya lebih mahal tetapi dibandingkan dengan manfaat yang diberikan untuk otak dan meningkatkan daya konsentrasi, sangat disayangkan kalau dilewatkan.

3. Oatmeal
Banyak orang mengkonsumsi oatmeal sebagai pendamping diet dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kebaikan yang terkandung di dalam oatmeal ini dipecaya dapat meningkatkan kesehatan, bahkan untuk otak dan konsentrasi. Tidak salah jika oatmeal sering digunakan untuk sarapan karena memberikan energi bagi otak.

4. Selai Kacang
Jika Anda sering menggunakan roti untuk sarapan, maka biasanya tidak melewatkan selai kacang. Selain rasanya yang enak, selai kacang kaya akan vitamin E, yaitu sebuah antioksidan yang berfungsi untuk melindungi membran saraf. Selai kacang kabarnya juga mengandung thiamin yang sangat baik untuk otak dan glukosa di dalamnya berfungsi sebagai sumber energi.

5. Susu dan Yoghurt
Tidak salah jika saat kita kecil orang tua menganjurkan untuk minum susu, karena manfaat yang sangat besar bagi otak apalagi di saat masa pertumbuhan. Produk susu seperti yoghurt merupakan sumber kalsium, vitamin B, dan vitamin D yang sangat baik. Sedangkan vitamin B berfungsi untuk pertumbuhan jaringan otak dan neurotransmitter.

Otak merupakan bagian penting di dalam tubuh manusia yang dipakai untuk berpikir dan memerintahkan seluruh bagian tubuh sesuai dengan fungsinya, bahkan untuk berkonsentrasi. Untuk itu jangan lupa mengkonsumsi 5 Jenis makanan diatas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)