Ingin Tulang Kuat? Kenapa Tidak?

1 Agustus 2012 Artikel Kesehatan


Tulang kuat dan sehat adalah hal yang diinginkan orang agar supaya aktivitasnya lancar terutama bagi yang sudah usia lanjut. Jika kesehatan tulang tidak dijaga, maka tulang tersebut akan rapuh dan menyebabkan penyakit tulang seperti ostheophororsis.

Tentu anda tidak mau kan? Agar tidak terjadi hal seperti itu sebenarnya tulang yang sehat bergantung pada makanan yang dikonsumsinya. Vitamin D adalah vitamin yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi serta kalsium yang menguatkan tulang dan gigi yang anda butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium, ada beberapa makanan yang layak dikonsumsi demi tulang anda.

1. Keju
Keju mengandung kalsium dengan kadar yang tinggi yang cocok untuk di konsumsi supaya mencegah bahkan mengobati penyakit rakhitis dan osteophorosis. Selain mengandung kalsium yang amat tinggi, keju juga mengandung sedikit vitamin D.

2. Telur
Telur mudah didapat dan dalam penyajiannya tidak terlalu sulit. Pada telur terdapat yang mengandung vitamin D yaitu pada bagian kuning telur dan pada bagian putih telur terdapat protein dan zat fosfor.

3. Bayam
Bila anda tidak terlalu suka dengan susu, bayam mungkin bisa menjadi alternatif untuk mendapat kalsium anda. Dalam semangkuk bayam terdapat kalsium, serat, zat besi serta vitamin. Banyak nutrsinya bukan?

4. Ikan Salmon
Selain mengandung omega 3 yang berguna bagi kesehatan jantung, salmon juga memiliki kandungan vitamin D yang tinggi lebih dari 100% untuk seekor salmon. Selain sehat bagi jantung juga menjaga pertumbuhan tulang.

5. Yoghurt
Yoghurt terdapat dalam olahan makanan dan minuman yang membantu mendapatkan asupan dan vitamin D karena yoghurt berbahan dasar susu sehingga sama dengan kandungan susu.

6. Sarden
Ikan kalengan ini memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang tak kalah dengan ikan salmon. Selain itu dapat mencegah lupa dan memberikan memori yang baik untuk otak.

7. Sereal
Tiap sereal mengandung lebih dari 25% vitamin D. Sereal bisa jadi alternatif kebutuhan vitamin D anda jika tidak ada makanan laut seperti ikan salmon.

8. Brokoli
Brokoli mengandung kalsium untuk kepadatan tulang yang tinggi. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin K yang berguna untuk mencegah penyakit tulang ostheoporosis.

9. Sayuran sawi hijau
Sama dengan sayur bayam, sawi hijau ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi serta mengandung serat, vitamin, fosfor untuk kepadatan tulang dan magnesium untuk darah.

10. Ikan Tuna
Ikan tuna juga sama dengan ikan salmon yang mengandung asam lemak yang berguna bagi tubuh dan merupakan kolestrol baik bagi jantung dan merupakan sumber vitamin D yang memenuhi asupan vitamin D anda.

11. Susu
Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D terbaik karena mudah didapat sama seperti telur. Dalam segelas susu, banyak manfaat yang dapat dipegang tubuh seperti vitamin, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi manfaat yang baik dari si putih ini.

Mulailah jaga kesehatan tulang dan gigi dengan makanan yang kaya kalsium dan vitamin D dari sekarang.

(Dikutip dari berbagai sumber)