Ingin Tubuh Lebih Berisi, Konsumsi Makanan Berikut Ini

7 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Memiliki tubuh gempal atau gendut tentu tidak mengenakkan. Selain kurang baik untuk kesehatan, memiliki tubuh gendut juga menjadikan rasa percaya diri berkurang. Maka tidak sedikit orang yang rela bersusah payah untuk melakukan diet supaya terlihat lebih kurus. Sebaliknya orang yang memiliki tubuh kurus atau kurang berisi ternyata juga mengalami masalah lain yakni mereka ingin memiliki tubuh lebih gemuk berisi.Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk otot tubuh. Selain berolah raga dan melatih otot dengan latihan pembebanan, asupan makanan pun menjadi bagian penting dalam pembentukan otot.

Memiliki tubuh ideal dan berisi tentu menjadi dambaan hampir semua manusia, baik kaum hawa atau pun kaum adam. Selain akan terlihat menarik, memiliki tubuh ideal juga lebih menyehatkan. Olahraga teratur secara optimal untuk membentuk otot tubuh biasanya menjadi salah satu solusi mendapatkan bentuk tubuh berotot.Namun bukan hanya dengan berolahraga, anda juga membutuhkan makanan berprotein yang mampu membentuk jaringan otot tubuh.Berikut beberapa makanan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi yang bisa bantu untuk membentuk jaringan otot pada tubuh anda:

1. Putih telur
Anda pasti sudah sering mendengar bahwa binaraga selalu mengkonsumsi putih telur yang direbus setiap hari saat sarapan. Putih telur mengandung protein, asam lemak omega-3, vitamin dan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Meski termasuk dalam jenis protein yang lambat diserap karena melepaskan protein 3 jam setelah dikonsumsi, putih telur dapat membentuk jaringan otot tubuh dengan lebih sempurna.

2. Susu kedelai
Susu kedelai bebas dari laktosa dan kolestrol. Kandungan protein dalam segelas susu kedelai dapat memenuhi asupan protein bagi pertumbuhan dan perkembangan jaringan otot tubuh, menjaga daya tahan dan memperbaiki jaringan yang rusak. Konsumsilah susu kedelai jika anda vegetarian atau alergi terhadap susu sapi namun tetap ingin membentuk tubuhnya.

3. Ikan tuna
Mengkonsumsi ikan tuna 30gr sehari dan 2 kali seminggu dapat membantu pembentukan sel-sel otot di dalam tubuh. Daging tuna mengandung protein berkualitas tinggi dan esensial yang mudah dicerna. Selain itu, mengkonsumsi tuna secara rutin juga dapat menjaga kesehatan jantung anda.

4. Keju cottage
Anda yang suka mengkonsumsi makanan dari olahan susu ini mungkin dapat dijadikan alternatif pilihan makanan berprotein tinggi lainnya. Keju cottage sangat cocok dikonsumsi sebelum tidur untuk mensuplai asupan protein saat anda tertidur pulas sehingga terhindar dari katabolik otot.

5. Daging sapi
Pilihlah daging sapi yang bebas lemak. Konsumsi daging sapi yang kaya akan protein dan zat besi ini akan membentuk jaringan otot yang bebas lemak dan membuat anda mampu berlatih beban lebih lama. Kandungan kolestrol dan zat besi didalam daging tersebut juga mampu mendongkrak level testosteron sehingga mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan yang dapat membentuk jaringan otot dengan lebih sempurna. Namun, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga rutin dan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)