Ingin Tidur Nyenyak? Makan 5 Camilan Sehat Ini

6 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Apakah Anda mempunyai gangguan sulit tidur di malam hari? Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk membantu Anda tertidur pulas dan nyenyak saat tidur. Salah satunya adalah dengan ngemil.

"Loh kok? Bukannya ngemil akan membuat kita sulit tidur dan menambah berat badan juga ya?"

Dilansir dari Bedroom.about.com, ada beberapa makanan atau minuman yang dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak, dikonsumsi menjelang tidur.

Buah ceri

Makanan yang biasa digunakan sebagai hiasan kue tart atau pie ini mengandung melatonin yang membuat tubuh rileks saat tidur. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat memakan buah ini satu atau dua jam sebelum tidur. Atau minum jus ceri dua kali sehari.

Sereal

Jangan lupa menambahkan susu pada sereal agar Anda mendapatkan karbohidrat dan tryptophan dari makanan tersebut. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya hindari sereal yang rasanya terlalu manis, karena gula akan mengganggu kadar gula darah saat Anda tidur.

Kacang almond

Magnesium yang terdapat pada kacang almond membantu Anda lebih rileks dan kaya akan protein, serta menjaga kadar gula darah sepanjang malam. Ditambah lagi, jika mengkonsumsi makanan ini secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, dan merangsang aktivitas otak dan ketahanan tulang Anda.

Pisang

Camilan sehat ini juga bisa membuat Anda tidur pulas. Kandungan triptofan yang cukup tinggi menjadikan pisang sebagai camilan yang membuat Anda tidur dengan nyenyak. Tidak hanya membantu tidur nyenyak, pisang bahkan dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Keju

Sudah tidak asing lagi, keju dapat membantu meredakan stres dan menambah rileks pada tubuh. Selain itu, makanan fermentasi susu ini membantu merangsang melatonin.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)