Ingin Terhindar dari Penyakit Katarak, Yuk Konsumsi Vitamin C

17 April 2016 Artikel Kesehatan


Jika kebanyakan orang mengetahui bahwa vitamin C sering digunakan untuk penyembuhan penyakit flu, tahukah Anda bahwa vitamin C ini bisa juga berkhasiat sebagai pencegah penyakit katarak?

Dalam jurnal Ophthalmology yang ditulis oleh Dr Christopher Hammond mengatakan bahwa konsumsi cukup vitamin C rupanya dapat membantu Anda dalam menurunkan risiko terkena penyakit katarak.

Katarak adalah kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan. Kondisi ini membuat pandangan mata terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata dan mata silau. Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri.

Biasanya, katarak umumnya muncul seiring bertambahnya usia, namun tak jarang juga katarak disebabkan oleh beberapa hal yaitu semisal pernah mengalami cedera di mata, diabetes, radiasi ion, dan merokok. Meskipun demikian, hal tersebut dapat dicegah dan atau lebih tepatnya menunda timbulnya penyakit tersebut.

Nah, maka dari itu dalam penelitian baru ini, Hammond mengatakan bahwa konsumsi tinggi vitamin C dapat membuat kondisi mata katarak tersebut tak cepat memburuk secara signifikan.

Para peneliti melakukan studi yang dilakukan selama 10 tahun serta melibatkan lebih dari 1.000 wanita berusia 60 tahun di Inggris. Mereka menemukan bahwa para wanita yang mengonsumsi cukup vitamin C memiliki risiko sepertiga lebih rendah dari katarak.

Tidak hanya itu, dalam studi ini, para peneliti berpendapat bahwa diet dan gaya hidup juga memainkan peran penting dalam pengembangan katarak. Mereka yakin genetika berperan 35 persen risiko pengembangan katarak, sedangkan diet dan faktor lingkungan lainnya memiliki peran hingga 65 persen.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)