Ingin Tahu Reaksi yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Tertawa? Simak Ulasan Berikut!

18 Juli 2016 Artikel Kesehatan


Biasanya manusia akan mengekspresikan perasaan senang dan gembira dengan tertawa. Entah itu melihat sesuatu yang lucu, menghibur dan menarik. Namun, di balik semua itu, tahukah Anda bahwa ada manfaat kesehatan dari setiap tawa? Seperti yang Anda ketahui, tertawa juga bisa menjadi media untuk membuat tubuh dan pikiran rileks. Selain itu, tertawa juga bisa melancarkan aliran darah serta membuat tubuh jauh lebih sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang tertawa, apalagi yang terbahak-bahak justru memiliki tubuh yang lebih sehat, sistem pernapasan yang baik, kesehatan jantung lebih prima dan awet muda. Hal ini karena saat tertawa, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan sehingga tak heran jika Anda tertawa, perasaan ikut senang dan bahagia dibuatnya.

Lalu, apa saja sih yang terjadi pada tubuh Anda saat tertawa? Dilansir oleh healthmeup.com, berikut merupakan reaksi yang terjadi pada tubuh ketika Anda tertawa:

  • Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tertawa atau humor memiliki efek yang positif untuk memori. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tertawa akan menjauhkan seseorang dari stres. Inilah yang berkaitan dengan memori dan membuat memori lebih tahan lama di usia tua.
  • Intensitas tertawa yang sering rupanya bisa membuat kualitas tidur Anda semakin bagus.
  • Ingin membakar kalori dalam tubuh? Tertawalah. Saat tertawa setidaknya selama satu menit, itu semua saja jika Anda berolahraga selama 10 menit.
  • Penelitian mengungkap, pasien suka tertawa rupanya memiliki reaksi positif terhadap obat-obatan. Mereka membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dibandingkan mereka yang tak terlalu banyak tertawa.
  • Tertawa juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menimbulkan perasaan positif. Tertawa akan mengendurkan otot dan memicu hormon yang bermanfaat menghilangkan rasa sakit pada tubuh.


Nah, itu dia beberapa reaksi yang terjadi pada tubuh saat Anda tertawa. Sudahkah Anda tertawa hari ini? Namun, hati-hati ya jika Anda terlalu sering tertawa tanpa alasan tertentu, bisa-bisa juga dianggap memiliki masalah kejiwaan. Semoga bermanfaat!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)