Ingin Si Kecil Selalu Sehat? Ini 4 Langkahnya

30 April 2014 Artikel Kesehatan


Anak memang lebih mudah terkena penyakit dibandingkan orang tuanya. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya pemahaman pada anak untuk menjaga kesehatannya. Menjaga kesehatan si kecil bukanlah hal yang mudah. Namun jangan dulu khawatir, ada empat langkah awal agar anak selalu terlindungi dari berbagai kuman dan penyakit. Kesehatan anak tentu saja menjadi fokus utama Anda. Sayangnya, Anda tidak bisa memperhatikan seluruh kegiatan dan asupan makanannya setiap saat.

Tips mudah ini bisa menjadi langkah awal Anda untuk melindungi si kecil dari berbagai kuman penyakit yang ada pada lingkungan sekitarnya.

1. Waktu tidur yang konsisten

Menjaga waktu tidur yang teratur setiap harinya dapat meningkatkan kemungkinan tidur yang berkualitas. Kurangnya tidur tentu akan menyebabkan si kecil mudah marah, sulit berkonsentrasi bahkan obesitas. Jadi mulai sekarang, pastikan waktu tidur yang konsisten untuk si kecil dan jangan lupa ciptakan suasana nyaman saat ia tidur.

2. Berikan sarapan bernutrisi tinggi

Anda mungkin tidak bisa mengontrol makanan apa saja yang si kecil makan saat ia berada di luar. Namun, Anda bisa memberikannya sarapan sehat agar si kecil tetap mendapatkan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuhnya. Anak yang terbiasa memakan sarapan sehat akan lebih berkonsentrasi saat beraktifitas. Tidak hanya itu, sarapan sehat juga membuatnya tidak ingin memakan makanan ringan yang tak sehat.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan setiap paginya, pilih saja makan yang cepat untuk disajikan, seperti susu, sereal dan potongan buah atau roti isi telur.

3. Ajak si kecil mengikuti kegiatan olahraga di sekolahnya

Salah satu cara terbaik untuk anak agar tetap sehat adalah dengan selalu berolahraga. Ajak si kecil untuk ikut klub-klub olahraga yang ada di sekolahnya, seperti klub sepakbola, basket atau yang lainnya. Kegiatan ini tidak hanya menjaga kesehatan pada anak, tetapi juga membantu anak meningkatkan kualitas bersosialisasinya.

4. Rutin memeriksakan kesehatan

Pastikan anak mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi untuk selalu memeriksakan kesehatannya secara rutin. Jangan lupa untuk memberikannya vaksinasi pada setiap awal tahun. Sebuah vaksinasi flu bisa membantunya menghindari penyakit flu yang mudah sekali menular.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)