Ingin Sehat dari Berbagai Penyakit? Yuk Dengarkan Musik

9 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Mendengarkan musik merupakan suatu kegiatan yang tidak sekadar pengusir jenuh, namun juga memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Beberapa penelitian terbaru menyebutkan bahwa mendengarkan musik bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Berbagai penyakit serius seperti kanker kabarnya dapat diobati dengan mendengarkan musik. Hal tersebut karena mendengarkan musik akan membuat penderita kanker menjadi lebih bersemangat serta bertahan hidup lebih lama.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Kettering Cancer Center menyebutkan jika dengan mendengarkan musik favorit akan mendorong seseorang memiliki perasaan yang tenang, nyaman dan bahagia. Maka dari itu tak jarang terapi musik sering digunakan untuk menyembuhkan beberapa penderita yang membutuhkan kenyamanan atau rileksasi menangani penyakitnya serta dapat beristirahat dengan nyaman.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada artikel berjudul The Atlantic menjelaskan bahwa "Musik memang memiliki peranan yang penting bagi kesehatan seseorang. Musik dinyatakan mampu mendatangkan manfaat positif bagi seseorang yang sedang sakit."

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa pasien kanker dibantu untuk mendengarkan musik favorit dan percaya atau tidak, hasilnya mampu membantu pasien sembuh dari kanker secara perlahan. Meski begitu, mendengarkan musik saja tidak serta merta menyembuhkan kanker. Harus ada pengobatan dan terapi lain yang lebih baik dan efektif yang perlu dilakukan.

Tidak hanya membantu menyembuhkan beragam penyakit, sebuah penelitian yang di lakukan pada tahun 2005 oleh Theresa Lesiuk di University of Windsor, Kanada, menyimpulkan bahwa musik membantu seseorang meningkatkan kualitas kerja, semangat dan sikap positif.

Meski musik dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, bukan berarti hanya dengan mendengarkan musik Anda bisa sehat dan sembuh dari sakit. Namun sebenarnya kunci dari kesembuhan berbagai penyakit adalah jiwa yang tenang serta pikiran yang jernih sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)