Ingin Ngemil Tanpa Buat Gemuk? Coba Camilan Berikut Ini!

1 Agustus 2013 Artikel Kesehatan


Mungkin sebagian orang akan merasa lapar meskipun sudah makan saat malam hari. Jika perut tidak bisa diajak kompromi, terpaksa anda harus memenuhi keinginan perut dengan makan makanan kecil atau bisa disebut camilan. Dewasa ini, banyak camilan yang tentu saja membuat lingkar pinggang anda melebar.

Akibatnya, berat badan naik akibat camilan yang kurang sehat. Jika dibiarkan, maka siap -siap anda akan terkena risiko obesitas. Tidak sedikit yang berpikir akan lebih baik memilih tidur agar menghindari kegemukan badan. Padahal jika perut lapar, pastilah tidur tidak akan tenang dan nyaman.

Makan lagi setelah makan malam sebenarnya bukan hal yang mengkhawatirkan untuk berat badan, asalkan pilihan makanannya tepat. Untuk itu, pilihlah camilan yang sehat serta rendah kalori sehingga tidak menggemukan tubuh meski suka ngemil seperti camilan berikut:

1. Kacang kulit
Kacang kulit merupakan camilan yang sehat dan bergizi. Segenggam kecil kacang kulit mengandung sekitar 74 kalori. Di samping itu, kacang kulit juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga bisa mengenyangkan tubuh lebih lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehabis makan.

2. Melon
Cocok untuk anda yang sedang diet karena buah melon ini rendah kalori bebas lemak dan kolesterol. Sepotong melon memiliki sekitar 88 kalori karena melon banyak mengandung air.

3. Kacang almond
Kacang almond memberikan rasa kenyang dan nutrisi bagi tubuh, tetapi rendah kalori, sehingga almond merupakan camilan yang tepat untuk malam hari. Makan 13-14 butir kacang hanya memberikan Anda sekitar 98 kalori.

4. Apel
Selain menyehatkan, apel juga dapat membatasi jumlah kalori yang diasup. Apel mengandung sekitar 100 kalori. Buah ini kaya serat larut dan antioksidan yang membantu melindungi dari polusi dan memperbaiki kadar kolesterol.

5. Buah pir
Buah pear dapat memuaskan rasa lapar Anda. Sebutir pear mengandung sekitar 100 kalori. Selain itu, buah pir dapat menurunkan kolesterol. Buah pir memiliki kandungan pektin yang tinggi. Itulah yang membuatnya ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Pektin menyerap lemak di usus sebelum mereka diserap melalui aliran darah.

6. Bluberi
Semangkuk bluberi hanya mengandung sekitar 83 kalori. Ditambah lagi bluberi mengandung antioksidan yang tinggi yang membantu memperlambat proses penuaan tubuh.

7. Cherry
Buah mungil ini memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan rendah lemak. Sebanyak 25 butir cherry mengandung 100 kalori.

8. Sup tomat
Sup tomat mudah dibuat dan mengandung kalori yang cukup rendah. Satu mangkuk kecil sup tomat memiliki sekitar 74 kalori.

9. Kiwi
Buah khas Selandia Baru ini merupakan sumber vitamin C yang baik. Dua butir kiwi mengandung 58 kalori. Selain itu, kiwi sangat baik untuk membantu sistem pencernaan Anda.

10.Anggur
Anggur dapat memberikan rasa kenyang meski kalorinya cukup rendah. Sebanyak 30 butir anggur mengandung sekitar 100 kalori. Anggur juga dapat membantu mengatasi anemia, kelelahan, rematik, dan asam urat

Kurangilah makanan ringan seperti snack yang membuat anda gemuk dan terapkan camilan yang sehat serta bebas lemak sehingga membuat tubuh tetap proposional.

(Dikutip dari berbagai sumber)