Ingin Menurunkan Berat Badan? Yuk Coba 5 Jenis Roti Ini

21 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Ada beragam macam cara bagi beberapa orang dalam usaha menurunkan berat. Salah satu hal yang penting adalah asupan makanan. Menghindari asupan karbohidrat, dimana karbohidrat adalah asupan yang harus diperhatikan benar-benar bagi para penggiat diet.

Makanan dengan kandungan karbohidrat sebenarnya penting untuk memasok energi pada tubuh untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Roti adalah salah satu makanan dengan kandungan karbohidrat selain beras atau nasi.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa jenis roti yang mengandung karbohidrat rendah dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Roti Gandum Hitam atau Rye Bread

Roti ini berisi serat lebih banyak dibanding roti putih biasa. Glikemiks indeksnya, juga rendah. Roti ini dapat membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lama. Roti ini juga mampu menghilangkan kembung.

Roti Oat

Roti Oat memiliki glikemiks indeks yang sangat rendah. Oat juga tinggi asam lemak esensial, yang dapat membantu menghilangkan kolesterol. Roti ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Roti Barley

Roti barley terbukti mengurangi kadar gula darah. Sepotong roti ini dapat memberikan 25 persen asupan serat harian Anda.

Roti Flaxseed

Flaxseed kaya akan selenium, kalium, dan mangan. Semua unsur ini, penting untuk diet sehat. Flaxseed juga sangat tinggi serat dan asam lemak esensial. Serat yang tinggi, memberikan indeks glikemik yang rendah, sementara kandungan tinggi asam lemak esensial membantu tubuh menyerap kalori. Flaxseed, membantu tubuh untuk membakar kalori lebih cepat, daripada menyimpannya sebagai lemak.

Roti Pita

Roti pita memiliki kalori lebih sedikit daripada roti gandum biasa. Roti ini paling sehat untuk menurunkan berat badan. Terbuat dari biji-bijian dan mengandung banyak mineral dan vitamin. Roti pita memiliki beberapa manfaat kesehatan. Mengurangi risiko kolesterol dan darah tinggi.

Jadi, jika Anda ingin mengurangi berat badan tapi tidak ingin kehilangan asupan karbohidrat, roti diatas menjadi solusi yang sehat, kaya serat dan rendah lemak untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Karbohidrat yang sehat akan membuat badan terhindar dari diabetes dan kolesterol.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)