Ingin Menggemukan Badan? Inilah 5 Makanan Penambah Berat Badan

12 Agustus 2018 Artikel Kesehatan


Ketika kebanyakan orang bertubuh gemuk berusaha keras dan rela melakukan hal apapun demi memiliki badan yang ramping dan proporsional, hal tersebut juga serupa bagi orang yang bertubuh kurus. Orang yang memiliki bentuk tubuh yang terlalu kurus terkadang menjadi masalah tersendiri , sebagian orang justru ingin memiliki tubuh yang gemuk atau berisi.

Ada anggapan orang yang masih salah dalam hal menggemukan badan. Sebagian orang cara menggemukan dianggap mudah. Dengan hanya menambah porsi makan yang banyak dan konsumsi makanan serba manis maka berat badan Anda akan naik dengan drastis.

Namun, hal tersebut adalah hal yang salah. Walaupun makanan dan minuman manis memang dapat membuat berat badan Anda naik, namun efek sampingnya dapat menyebabkan Anda terserang penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Pemilihan makanan yang kaya akan protein, karbo serta nutrisi yang tepat akan membantu Anda untuk menambah berat badan yang Anda inginkan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 makanan yang dapat membantu Anda untuk menambah berat badan:

Susu Sapi Murni

Susu sapi murni merupakan ‘senjata’ Anda yang sangat membantu untuk menambah berat badan. Kandungan pada susu murni nyatanya bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan D. Ganti susu skim Anda dengan susu sapi murni dan tambahkan variasi makanan Anda dengan mencampurnya bersama sereal,oatmeal atau buah.

Telur

Sebutir telur mengandung 5-6 gram protein. Tak hanya itu, kuning telur juga dipercaya memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh. Bahkan kuning telur memiliki setengah total protein yang ada dalam telur, vitamin dan asam amino esensial. Hal tersebut yang membuat telur menjadi makanan yang dapat membantu Anda menaikan berat badan.

Cokelat

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa cokelat terbukti ampuh menaikan berat badan. Tak jarang cokelat seringkali dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan menjadi makanan yang dihindari bagi para penggiat diet. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini dengan rutin pada malam hari. Jika Anda mengkonsumsi cokelat dengan rutin, dalam satu minggu Anda pasti melihat berat badan Anda naik.

Keju

Produk olahan susu ini mengandung semua nutrisi yang dimiliki susu murni. Jadikan keju sebagai isi roti anda atau mencampurnya dengan telur saat sarapan. Anda bahkan juga bisa memakannya langsung sebagai ‘camilan’, karena keju sangat tinggi protein.

Daging Merah

Jika anda ingin menambah berat badan, tingkatkan asupan daging merah. Misalnya saja steak, yang mengandung banyak protein dan zat besi. Anda membutuhkan kandungan tinggi lemak dalam setiap potongannya. Selain itu, ada juga iga, sosis sapi, soto daging, potongan daging sapi tenderloin, dan lain sebagainya. Namun hal tersebut kembali lagi untuk tidak mengkonsumsinya berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan penyakit atau hal yang kurang baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)