Ingin Mata Sehat Lakukan Olahraga Mata

3 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Mata merupakan organ penting pada tubuh manusia. Melalui mata manusia dapat melihat dunia. Seiring dengan bertambanya usia, kemampuan penglihatan seseorang akan berkurang. Penglihatan Anda pada hari ini bisa jadi lebih baik ketimbang bulan depan. Karena perubahannya bertahap, maka menurunnya kemampuan penglihatan bisa diketahui melalui tes penglihatan.

Kita tidak bisa meghentikan proses itu, akan tetapi kita bisa memperlambat pengurangan kemampuan penglihatan mata. Menjaga kesehatan mata adalah salah satu solusinya.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan olah raga mata. Olahraga untuk mata sehat seringkali luput dari perhatian. Olah raga mata ditujukan untuk melatih otot bagian belakang mata. Berikut latihan-latihan yang bisa Anda lakukan untuk membuat mata Anda sehat:

Pertama

Olahraga untuk mata sehat yang pertama dapat dilakukan dengan duduk dengan tegak didepan meja. Selanjutnya, letakkan siku Anda di permukaan meja kemudian gunakan telapak tangan untuk menutup kedua mata. Rapatkan jari-jari tangan Anda, jangan sampai ada cahaya yang masuk. Lakukan gerakan tersebut selama 30 detik.

Kedua

Cara kedua adalah dengan menutup mata rapat-rapat, kemudian arahkan kepala Anda ke atas lalu ke bawah. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 3 kali.

Ketiga

Selanjutnya, lakukan hal yang sama namun untuk latihan kali ini arahkan pandangan ke titik fokus jauh dan dekat, lalu ke kanan dan ke kiri sebanyak 3 kali. Dalam melakukan gerakan tersebut, usahakan untuk tidak menggerakkan otot wajah yang lain kecuali otot mata.

Selain melakukan olahraga mata diatas, kesehatan mata juga dapat dijaga dengan melakukan hal lain seperti:

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A

Fungsi dari Vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A terdapat pada sayur dan buah. Contohnya adalah wortel. Dengan mengkonsumsi banyak wortel, kebutuhan tubuh Anda akan Vitamin A akan terpenuhi dan matapun menjadi sehat.

2. Penerangan yang baik

Pastikan ruangan Anda memiliki penerangan yang baik. Membaca di tempat gelap tidak baik bagi kesehatan mata. Di tempat yang kurang cahaya, otot mata akan berusaha lebih kuat untuk dapat melihat benda-benda di sekitar.

3. Gunakan kaca mata hitam dengan UV protection

Cahaya matahari mengandung sinar UV yang berbahaya bagi mata. Walaupun Anda tidak menatap cahaya matahari secara langsung, namun sinar UV dapat terpantul ke mata kita melalui kaca, pasir, dan sebagainya. Oleh karena itu gunakan kaca mata hitam dengan UV protection di hari yang terik.

4. Hindari membaca atau menonton TV dari dekat

Jika Anda hobi membaca atau menonton TV, menjaga jarak dari buku dan TV haruslah dilakukan. Jika tidak, hal tersebut dapat merusak mata Anda. Peringatkan pula kepada anak Anda. Menonton TV atau membaca dengan jarak terlalu dekat dengan meta dapat menyebabkan mata mereka menjadi minus.

5. Sesuaikan kecerahan monitor komputer

Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk berada didepan layar monitor sepanjang hari, pastikan Anda mengatur kecerahan atau brightness dari layar komputer Anda. Turunkan kecerahan layar komputer Anda dimalam hari.

Demikian hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain olahraga untuk mata sehat, Anda juga harus memperhatikan hal-hal kecil yang tanpa Anda sadari dapat merusak mata. Melakukan pencegahan adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan sebelum semua terlambat.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)