Ingin Jantung Sehat? Ayo Memelihara Hewan

19 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Hewan peliharaan atau hewan timangan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman sehari-hari manusia. Hewan timangan berbeda dari hewan ternak, hewan percobaan, hewan pekerja, atau hewan tunggangan yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau untuk melakukan tugas tertentu.

Hewan peliharaan yang populer biasanya adalah hewan yang memiliki karakter setia pada majikannya atau memiliki penampilan yang menarik, atau kemampuan menarik tertentu seperti mengeluarkan suara yang indah. Walaupun secara teori seseorang dapat memelihara hewan apa pun sebagai hewan peliharaan, dalam prakteknya hanya spesies-spesies tertentu saja yang sering dijumpai, terutama hewan kecil (anjing, kucing, dan kelinci), burung, dan ikan.

Pemilik hewan peliharaan ternyata punya kemampuan jantung yang lebih baik dalam menghadapi berbagai situasi serius. Ini artinya risiko mereka untuk meninggal karena penyakit jantung lebih kecil dibanding bukan pemilik hewan.

Beberapa penelitian telah menegaskan manfaat menyehatkan dari memelihara binatang. Salah satunya menyebutkan mereka yang memelihara hewan memiliki angka survival lebih tinggi setahun pasca operasi gagal jantung.

Berikut adalah tiga alasan mengapa bersahabat dengan hewan bisa menyehatkan.

Jika Anda lajang

Tidak punya pasangan? Jangan khawatir. Penelitian menunjukkan hewan kesayangan memberikan dukungan sosial yang bisa dibandingkan dengan yang kita dapatkan dari manusia lain. Berteman dengan mereka juga mengurangi hormon-hormon stres.

Jika Anda tak suka anjing atau kucing

Anjing dan kucing adalah hewan peliharaan yang populer dan banyak menjadi subyek penelitian mengenai relasi antara majikan dengan peliharaannya. Padahal, efek menyehatkan juga didapatkan pada berbagai jenis hewan peliharaan, termasuk ular atau iguana.

"Bukan cuma jenis hewannya, tapi efek menyehatkan itu didapat dari pertemanan dengan hewan-hewan itu yang berdampak positif bagi kita," kata Allen McConnel, profesor dari Miami University.

Jika Anda pekerja yang stres

Berinteraksi dengan hewan kesayangan merupakan cara yang efektif untuk menurunkan level stres. Tim peneliti dari University at Buffalo memberikan kucing atau anjing kepada para pialang saham yang seperti diketahui memiliki stres tinggi. Setelah 6 bulan ternyata tekanan darah dan detak jantung para pialang saham itu lebih stabil.

Para pemilik hewan peliharaan juga punya tingkat aktivitas fisik lebih tinggi karena mereka punya rutinitas untuk mengajak "sahabatnya" berjalan-jalan. Aktivitas ini juga menjadi cara untuk berteman dengan para pemilik hewan lainnya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)