Ingin Diet Berhasil Saat Puasa? Berikut Tipsnya!

28 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Bagi sebagian orang, bulan Ramadan menjadi ajang untuk sekaligus menurunkan berat badan. Banyak orang beranggapan jika sudah membatasi asupan makanan akan mempermudah dalam menurunkan berat badan. Namun yang terjadi justru berat badan bertambah kala berpuasa.

Hal ini merupakan anggapan yang salah jika Anda tetap mengkonsumsi makanan manis dan porsi berlebihan saat berbuka puasa. Melampiaskan dan makan sepuasnya setelah seharian penuh menahan lapar dan haus bukan merupakan hal yang tepat karena sama saja akan menambah berat badan walau sudah berpuasa seharian.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda selama bulan Ramadan, dilansir berbagai sumber berikut adalah beberapa tips yang dianjurkan:

Minum air putih dua liter sehari

Minum air putih yang cukup akan menjaga Anda dari dehidrasi dan akan mengontrol keinginan Anda pada gula setelah Anda berbuka puasa. Usahakan minum dua liter air putih sehari dan hindari minuman berkafein.

Hindari karbohidrat

Banyak orang beranggapan jika semakin banyak asupan karbo seperti nasi maka energi selama berpuasa akan terjaga. Namun pada kenyataanya ketika tubuh telah beradaptasi dengan pola makan selama berpuasa yang lebih sedikit, maka tubuh akan menyimpan cadangan energi sehingga tidak perlu konsumsi karbo berlebih saat sahur maupun berbuka jika ingin menurunkan berat badan.

Batasi konsumsi kue dan yang manis

Menu hidangan berbuka biasanya banyak kue yang tersaji dan makanan atau minuman serba manis di meja makan. Ingat, Anda sedang berdiet dan harus bijak jika ingin berat badan Anda berkurang. Batasi konsumsi makan-makanan seperti itu, agar diet tetap berjalan dengan lancar.

Tetap beraktivitas seperti biasa

Puasa bukan alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan sepanjang hari. Di bulan Ramadan Anda harus tetap beraktivitas, tetapi hindari matahari saat panasnya sedang di puncak. Ingat bahwa Anda akan membakar lemak lebih banyak ketika perut Anda kosong. Oleh karena ini tetap aktif.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)