Ingin Daya Ingat Maksimal? Lakukan Cara Efektif Ini

3 November 2019 Artikel Kesehatan


Setiap pekerjaan dan kesibukan sehari-hari sering menjadi pemicu seseorang cepat lelah dan lesu. Bukan hanya itu saja, rasa lelah terus menerus yang dialami seseorang pada akhirnya memicu otak tidak lagi berfungsi maksimal dan mudah lupa. Semakin bertambah usia seseorang maka semakin buruk kemampuan mengingat dan berpikir. Jika Anda mengalami masalah dengan kemampuan memori atau mengingat.

Ini cara efektif yang mudah untuk melatih dan meningkatkan kemampuan otak:
1. Tertawa

Stres dan perasaan lelah, gundah ataupun galau terbukti bisa memperburuk ingatan dan kinerja otak. Cobalah untuk tetap rileks pada kondisi apapun. Carilah hal-ha baru yang bisa membuat Anda bahagia dan tertawa. Ketika pikiran Anda bahagia dan fresh, hal ini akan berpengaruh banyak pada kesehatan otak dan memori dimana akan mengembalikan kemampuan mengingat dan berpikir yang lebih baik.

2. Tidur Cukup
Tidur atau istirahat cukup adalah salah satu cara efektif meningkatkan dan menyegarkan otak. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan melepas lelah baik lelah fisik maupun pikiran. Sebuah penelitian di University of Lubeck Jerman menyebutkan dengan tidur otak akan merefresh dan menyimpan ingatan dengan baik.

3. Olahraga
Dengan banyak olahraga dan bergerak bisa membantu memperlancar aliran darah pada seluruh tubuh termasuk aliran darah pada otak. Semakin banyak Anda bergerak dan jalan-jalan ke tempat yang terbuka akan memelihara otak. Kadar oksigen dan nutrisi pada otak akan meningkat seiring tubuh yang sehat dari dalam diri Anda.

4. Fokus
Pikiran yang terlalu rumit bisa memicu kemampuan otak dan ingatan menurun. Jadilah seseorang yang fokus untuk tetap memiliki ingatan yang sehat. Untuk lebih fokus Anda bisa melakukan renungan ataupun meditasi dengan yoga. Yoga bisa membantu menyegarkan pikiran sekaligus fisik.

Terapkan pola hidup sehat dan jauhi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein ataupun nikotin. Pastikan untuk konsumsi sayur dan buah demi perkembangan dan peningkatan kemampuan berpikir.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)