Ingin Anak Anda Tahan Terhadap Depresi? Ini Lo, Kiatnya

13 Oktober 2010 Artikel Kesehatan


BEIJING - Ini bukan hal baru, tapi lagi-lagi terbukti secara ilmiah. Para pakar kesehatan jiwa di Cina baru-baru ini menemukan, orang-orang yang lebih rentan untuk mengembangkan gangguan mental seperti depresi adalah mereka yang tidak bersama orang tuanya pada tahun-tahun awal pertumbuhan mereka.

"Pengalaman dalam enam tahun pertama adalah peran penting dalam pembentukan kepribadian seorang anak dan rasa aman," kata psikolog senior Liu Huaqing yang bersama Rumah Sakit Huilongguan di Beijing yang mengadakan penelitian itu untuk menandai Hari Kesehatan Mental Dunia ke-19.

Menurut Liu, seseorang lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit mental yang serius jika ia tidak bersama orang tua mereka pada tahun-tahun awal mereka. Liu menekankan bahwa ibu harus tinggal bersama bayi mereka sebanyak mungkin untuk dua tahun pertama, dan tidak mengirim mereka ke sekolah berasrama di tahun ketiga mereka.

Selanjutnya, ia menyarankan agar orang tua membangun rasa aman pada anak-anak mereka, seperti mengatakan kepada mereka "Ibu akan segera kembali" atau "Kami akan menjemputmu nanti" setiap kali mereka pergi bekerja atau mengirim anak mereka ke TK.

"Itu adalah proses untuk membangun rasa saling percaya. Jika tidak, anak mungkin merasa ditinggalkan," tambah Liu.

Menurut Departemen Kesehatan setempat, kesehatan mental anak-anak dan pemuda adalah salah satu kunci fokus untuk kampanye kesehatan mental tahun ini.

Sumber: republika.co.id