Ingat! Jangan Sembarangan Mengkonsumsi Antibiotik

5 Oktober 2016 Artikel Kesehatan


Sekarang ini penggunaan atibiotik tanpa resep dokter sudah lazim dilakukan oleh banyak orang. Biasanya, mereka lebih mendengarkan saran orang terdekat untuk pengobatan penyakit. Antibiotik ini terdapat beberapa jenis dan penggunaannya tergantung dari penyakit yang diderita. Efek samping antibiotik harus diketahui oleh semua orang yang mengkonsumsinya. Karena antibiotik sering digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit. Kalau Anda sering mengkonsumsinya, sebaiknya perhatikan dosis dan anjuran dari dokter. Memang antibiotik bisa membantu meredakan penyakit, tapi ternyata ada efek samping berbahaya bagi tubuh.

Inilah beberapa efek samping antibiotik yang harus Anda ketahui:
1. Menimbulkan alergi kulit

Jika tidak cocok menggunakan antibiotik sebagian orang akan merasakan alergi pada kulitnya. Perlu diketahui bila seseorang alergi terhadap satu jenis antibiotik, maka bisa saja dia mengalami alergi terhadap semua jenis antibiotik. Reaksi yang ditimbulkan karena efek samping antibiotik adalah timbul raum di kulit, wajah bengkak, sulit bernapas dan lidah bengkak. Jadi, jangan sembarang mengkonsumsi antibiotik.

2. Diare
Dalam beberapa kasus mengenai efek samping antibiotik ini sebagian orang mengalami masalah pencernaan salah satunya diare. Adapun jenis antibiotik yang menyebabkan diare yakni metronidazol dan amoxcillin. Gangguan pencernaan yang dialami akibat penggunaan kedua jenis antibiotik itu adalah feses berair dan aromanya begitu menyengat.

3. Keasaman dan gas
Efek samping antibiotik bagi kesehatan berikutnya yaitu mampu meningkatkan asam lambung. Bagi Anda yang menderita maag, jangan sembarang mengkonsumsi antibiotik karena bisa mengakibatkan keasaman dan gastritis. Sebab, antibiotik yang dikonsumsi bisa membunuh bakteri baik di dalam usus, padahal bakteri baik sangat dibutuhkan oleh usus.

4. Gangguan fungsi jantung
Jantung juga tidak lepas dari efek samping antibiotik. Jika tidak cocok mengkonsumsi antibiotik bisa menyebabkan jantung berdebar-debar dan sakit kepala yang begitu menyakitkan.

5. Gangguan fungsi ginjal
Penggunaan obat-obatan selalu dikaitkan dengan organ ginjal. Meminum antibiotik yang terus-menerus tidak sesuai resep dokter bisa mengganggu kinerja ginjal. Apabila Anda pernah menderita penyakit ginjal, jangan mengkonsumsi antibiotik sembarang.

Itulah beberapa efek samping antibiotik yang harus Anda ketahui. Semoga bemanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)