Ikuti Tips Ini Agar Penglihatan Tetap Jernih Walau Sering Main Gadget

3 Juni 2014 Artikel Kesehatan


Mata yang sehat tentu penglihatan mata yang jernih. Mata adalah anugerah terbesar yang diberikan oleh maha pencipta. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan mata agar tetap utuh dan normal. Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak kebiasaan atau pekerjaan sehari-hari yang dapat mereduksi fungsi mata seperti halnya hidup di era digital di mana segala sesuatunya hampir mengandalkan penggunaan gadget yang tentu berisiko merusak mata.

Nah, agar indra penglihatan ini tetap optimal dan jernih, yuk jaga kesehatannya dengan beberapa cara mudah:

Rutin berpaling
Ambil waktu istirahat dari layar gadget atau komputer setidaknya setiap 15 menit, kemudian fokuskan mata pada sebuah objek yang jauh dari pandangan. Ini akan memberikan kesempatan pada otot fokus untuk rileks.

Latihan dengan genggaman tangan
Pada dasarnya latihan ini adalah meditasi untuk mata. Untuk melakukannya, tutup mata dan tempatkan bagian tengah telapak tangan di atas mata Anda. Bernapaslah lebih lambat dan biarkan otot mata Anda rileks.

Mengedip
Saat menggunakan gadget atau komputer, frekuensi berkedip Anda akan menurun tanpa disadari. Cobalah untuk berkedip sesering mungkin untuk melapisi bagian depan mata agar tetap basah.

Sesuaikan tingkat kecerahan monitor
Ini akan mengurangi tingkat kelelahan. Monitor yang redup bisa menyebabkan otot fokus bekerja lebih berat. Dengan membuatnya lebih terang, ini akan memungkinkan mata Anda bekerja lebih nyaman.

Konsumsi Vitamin dan mineral
Mendapatkan cukup asupan vitamin dan mineral turut membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risikonya mengalami kelelahan. Beberapa asupan vitamin yang dianjurkan antara lain vitamin A, C, E, B kompleks dan seng.

Perhatikan posisi komputer
Posisi komputer yang salah bisa menambah kelelahan mata. Posisikan layar komputer dengan jarak sekitar 20-28 inci dari mata. Pastikan juga Anda tak perlu menunduk atau mendongak, akan jauh lebih baik jika posisi layar komputer bisa sejajar dengan mata agar kenyamanan mata maksimal.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)