Ikuti 5 Cara Ini Agar Gigi dan Mulut Tetap Sehat Selama Bulan Puasa

16 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Memiliki gigi bersih dan terbebas dari penyakit merupakan keinginan setiap orang. Gigi yang bersih dan sehat juga bisa menaikkan kepercayaan diri Anda. Mungkin di bulan-bulan biasa, menjaga kesehatan gigi dan mulut terbilang mudah, namun, bagaimana cara menjaga agar gigi dan mulut tetap sehat selama bulan puasa?.

Jangan khawatir, meskipun seharian berpuasa dengan tidak makan dan minum, kesehatan gigi dan mulut tentunya membutuhkan cara ekstra untuk merawatnya. Seperti dilansir pada laman prevention.com, berikut merupakan 5 cara agar gigi dan mulut tetap sehat selama bulan puasa.

1. Minum Air Putih Cukup

Berpuasa bukan alasan untuk tidak memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jika di hari biasanya Anda dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelar perhari, begitupun saat bulan puasa. Usahakan ketika buka puasa hingga sahur, konsumsilah air putih dengan cukup sehingga bisa menjalankan ibadah puasa seharian.

2. Hindari Makanan Terlalu Manis, Pedas, Panas dan Dingin

Pastikan perhatikan apa yang Anda makan. Meskipun lezat dan segar, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa makanan yang terlalu manis, pedas , panas dan dingin yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut Anda.

3. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Untuk mendapatkan gigi sehat dan putih selama berpuasa, Anda disarankan untuk lebih banyak konsumsi makanan kaya serat. Misalnya saja sayur dan buah-buahan. Untuk kesehatan gigi, sebaiknya juga Anda memilih sayuran atau buah yang bisa membuat gigi putih seperti buah apel dan strawberry.

4. Sikat Gigi Teratur

Kalau yang satu ini, sudah wajib dilakukan. Pastikan Anda menyikat gigi dengan teratur selepas berbuka dan juga setelah santap sahur. Hal ini dilakukan agar saat menyikat gigi kita tidak ragu apakah merasakan pasta gigi di siang hari saat menyikat gigi bisa membatalkan puasa atau tidak.

5. Hindari Berbagai Hal yang Merusak Gigi

Kebanyakan penyebab kerusakan gigi berasal dari makanan yang kita konsumsi. Jadi, untuk mencegahnya, pastikan Anda menghindari berbagai hal yang merusak kesehatan gigi dan mulut seperti mengonsumsi kopi berlebih, merokok hingga meminum minuman beralkohol dan bersoda.

Itu tadi 5 cara bagaimana menjaga gigi dan mulut tetap sehat selama berpuasa. Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)